Hidroponik, Peluang Usaha yang Menjanjikan

Unthi Kistina Widjaya, selaku pemilik usaha, Griya Wisesa, beralamat di Kelurahan Burengan RT 02, RW 011, No. 26, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Semakin banyak masyarakat yang mengenal sayuran hidroponik dan merasakan kelebihannya, menjadikan sebuah peluang usaha yang menjanjikan di Kota Kediri, Jawa Timur.

Salah satunya usaha yang dirintis oleh Ibu rumah tangga yang beralamat di Kelurahan Burengan RT 02, RW 011, No. 26, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, dengan memanfaatkan halaman serta perkarangan rumah pribadi dalam menjalankan bisnisnya

Saat ditemui tim jybmedia, Unthi Kistina Widjaya, selaku pemilik usaha, Griya Wisesa, menjelaskan, berawal dari sekedar hobi menanam berbagai sayuran dengan metode konvensional, lantaran lahan yang dimiliki di rumah kurang memadai, lalu mencoba mengembangkan bertanam sayur dengan teknik hidroponik agar pencapaian panennya maksimal.

Menurutnya, usaha yang dirintis dilakukan sejak tahun 2017, dengan menggunakan nama griya wisesa yang bergerak dalam bidang tanaman Hidroponik dengan menggunakan konsep mini garden yang menyediakan beraneka macam sayuran berwarna hijau dan segar yang ditanam seperti Pakcoy, Kangkung, Selada.

” Yang terbaru, tanaman padi dengan metode hidroponik, mulai dari awal pembenihan sampai hingga masa panen tiba, serta dalam perawatanya mengunakan pupuk alami, sehingga sangat aman bila dikonsumsi. Keseriusan saya dalam mengelola aneka sayuran dengan hidroponik, berujung pada banyaknya permintaan produk sayuran,hingga kewalahan untuk melayani permintaan pemesanan di Wilayah Kediri” ucapnya.

Unthi juga menguraikan, untuk harga sayuran Hidroponik dijual dalam bentuk kemasan ukuran 4 sampai 5 ons dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu atau tergantung jenis tanaman yang dipesan.

Wanita yang akrab disapa Unthi juga mengutarakan, selain tanaman di Griya Wisesa juga melayani pemesanan nutrisi tanaman, serta paket instalasi untuk menanam tanaman hidroponik dan bisa dipesan oleh masyarakat, dengan berbagai macam ukuran dan harga.Untuk Nutrisi hidroponik dalam bentuk cair maupun padat dengan ukuran 250cc dijual dengan harga Rp 20 ribu, ukuran 500cc dijual dengan harga Rp 30 ribu, serta untuk ukuran 5000cc dijual dengan harga Rp 250ribu.

Baca juga:  Karya Gitar Bambu Khas Kediri yang Mendunia

” Kami juga menyediakan Metan atau media tanam sebagai isian kedalam polibek, berupa bahan campuran antara tanah pupuk kandang dan arang sekam dengan ukuran 40 kg sampai 50 kg dijual per bungkusnya Rp 35 ribu. Sedangkan, untuk instalasi tanaman hidroponik baik skala hobi dan produksi menawarkan kisaran harga bervariasi mulai dari harga Rp 1.750.000,- dengan jumlah 24 lubang ukuran kecil, dengan bonus PH serta TDS meter. Lalu, untuk harga Rp 2 juta akan mendapatkan 40 lubang sistem tower dan untuk harga Rp 3 juta, akan mendapatkan 25 lubang dengan sistem tower serta rakit apung” ungkapnya

Dia juga menjelaskan, karena prospek perkembangan usaha ini sangat menjanjikan, kedepanya dia berkeinginan membagikan ilmunya kepada masyarakat.

” Harapannya, pemerintah bisa memfasilitasi kampung Griya Wasesa untuk menjadi Kampung Wisata budidaya sayur sehat” pungkasnya.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here