Ini Pandangan Psikolog, Manfaat Memasak Praktis di Rumah

Ilustrasi memasak dirumah (dok: dream.id)

JYBMedia: Bagi para foodie, menyantap kuliner lezat bisa mengembalikan suasana hatimu. Apalagi, saat menyantap masakan favorit. Namun, menyiapkan makanan sendiri atau memasak juga memberikan banyak manfaat.

Psikolog dan Akademisi Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim M. Psi mengatakan, pandemi Corona menyebabkan kecemasan pada banyak orang sehingga menimbulkan stres. Menurutnya, menghilangkan stres ini bisa dilakukan dengan banyak kegiatan menyenangkan.

“Semasa pandemi, memang banyak orang yang mengalami kecemasan yang luar biasa hingga menimbulkan stres yang turut berdampak pada keluarga. Menghilangkan stres atau kecemasan ini dapat dilakukan dengan menciptakan banyak kegiatan yang menyenangkan,” jelasnya.

Sementara, Psikolog Klinis Dessy Ilsanti M. Psi juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, demi mengurangi stres kamu bisa lebih fokus ke dalam diri dan lingkungan di rumah. Melakukan banyak kegiatan di rumah seperti memasak juga bisa membantu melepas stres.

“Untuk mengurangi stres, kita harus lebih fokus ke dalam kita sendiri dan apa yang ada di sekeliling kita yaitu keluarga di rumah. Kita bisa berfokus pada hal-hal yang bisa dilakukan di rumah, diantaranya memasak,” ungkapnya.

Namun, jangan khawatir, bagi yang merasa tidak bisa memasak, atau bahkan enggan mencoba karena membayangkan kerepotannya.

Manfaat Memasak di Rumah

Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat memasak secara psikologis, diantaranya:

1. Kepuasaan Tersendiri

Ketika memasak, kamu akan merasa puas karena telah menguasai skill yang baru saja kamu pelajari lewat resep atau video tutorial.

2. Terapi

Dr. Rose Mini mengatakan, memasak memberikan kenyamanan dan menambah eksistensi diri. Karena itu, jika kamu menikmatinya, daya tahan tubuh akan meningkat karena ada hormon yang keluar, sehingga membuatmu tidak dalam situasi yang tegang.

Baca juga:  Anda Suka Produk Dalam Negeri? Ini Manfaatnya!

3. Lebih Kreatif

Memasak juga membuatmu menjadi lebih kreatif. Sebuah penelitian tahun 2016 menunjukkan, memasak dapat meningkatkan kreativitas dan kebahagiaan. Studi ini mengikuti gerakan dan hasa tubuh 658 orang selama 2 minggu ketika memasak dengan cermat. Para peneliti mencatat para peserta melakukan hal-hal kecil yang bermakna dan menenagkan seperti memanggang, yang membuat mereka menjadi lebih bahagia.

4. Menghemat Biaya

Asisten profesor psikologi dan pemilik Sycamore Counseling Services, Jamie McNally mengatakan memasak di rumah cenderung menghemat uang. Selain itu, kondisi finansial yang buruk dapat mengganggu kondisi kesehatan mental dan tekanan pada hubungan. “Memasak di rumah cenderung menghemat uang, yang lebih lanjut dapat berdampak positif pada keseluruhan situasi keuangan seseorang,” katanya.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Pasangan

Dessy mengatakan, ” Lebih sering melakukan kegiatan dari rumah di masa pandemi ini ternyata dapat lebih sering menimbulkan konflik. Namun memasak bersama bisa dilakukan untuk mengatasi ini. Dengan menu siap masak, pasangan dan anak yang tidak biasa memasak bisa langsung ikutan, dan lebih banyak anggota keluarga yang bisa dilibatkan. Karena memang bahan Siap Masak ini dibuat untuk memudahkan berbagai kalangan.”

6. Mengurangi Kecemasan

Di tengah pandemi COrona, higienitas menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan, termasuk dalam makanan. Banyak orang yang masih ragu saat membeli makanan dari luar karena alasan higienitas. Untuk itu, memasak sendiri di rumah jauh lebih aman dan dapat mengurangi kecemasan.

sumber: Fimela.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here