Limbah Minyak Goreng Diubah Jadi Benda Bernilai

Limbah minyak goreng diubah menjadi barang bernilai oleh Komunitas Lingkungan Reuse Reduce Recycle (koling 3R) Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Siapa sangka, limbah minyak goreng yang menjadi salah satu sumber pencemaran lingkungan, bisa di olah menjadi barang bernilai oleh Komunitas Lingkungan Reuse Reduce Recycle (koling 3R) Kota Kediri, Jawa Timur.

Kegiatan diikuti 37 peserta dari Koling 3 R se Kota Kediri, dengan menerapkan protokol kesehatan yakni mengenakan masker, sebagai upaya mencegah virus corona.Dan, kegiatan berlangsung di rumah Kompos Kumambang, jalan Margotani RT 19, RW 06, Kelurahan Sukorame, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Hariani, Ketua Komunitas lingkungan Reuse Reduce Recycle (koling 3R), Kota Kediri menjelaskan, berawal dari rasa prihatin akan banyaknya limbah rumah tangga, berupa limbah minyak goreng di sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat, ia berinisiatif menggelar pelatihan pengolahan daur ulang limbah minyak goreng, sebagai bahan dasar pembuatan sabun dan hiasan bunga.

” Ide pengelolaan limbah ini, saya peroleh ketika ada kegiata jambore se Indonesia di pulau Bali tahun kemarin. Dari sini, saya sedekahkan ilmu yang saya dapat kepada khususnya para kader 3 R dan Masyarakat Kota Kediri, pada umumnya” ucap Hariani, Minggu (13/9/2020).

Hariani menguraikan, selain menjaga lingkungan alam sekitar dari bahaya limbah, kegiatan ini bisa bernilai jual bila ditekuni serta dipromosikan sebagai usaha oleh para kader 3R dan masyarakat. Karena selain unik, bahanya sangat mudah didapat.

” Kegiatan serupa, akan dilakukan kembali dengan mengandeng para kader kesehatan, kader lingkungan serta lainya yang berada disetiap Kelurahan Kota Kediri. Harapan kami, masyarakat bisa menjaga kelestarian alam dan lingkungan dan tidak hanya menjadi tugas pemerintah semata melainkan juga tugas masyarakat. Terlebih lagi, Tuhan telah menitipkan seisi alam kepada kita untuk dikelola sebaik baiknya hingga anak cucu kita kelak” imbuhnya.

Baca juga:  Sidak Rokok Berpita Cukai Kedaluwarsa Gencar Dilakukan

Sementara dilokasi yang sama, Shinta hidayana, salah satu kader 3 R Kota Kediri, juga mengatakan, pihaknya merasa sangat senang bisa mengikuti pelatihan yang diadakan komunitas lingkungan 3 R Kota Kediri.

” Selain menambah wawasan baru seputar pengolahan limbah minyak goreng, bisa menjadi usaha sampingan di keluarga. Karena, limbah minyak goreng bisa dibuat menjadi hiasan bunga dan masih jarang masyarakat melirik usaha ini” pungkasnya.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here