Pantai di India Dianugerahi Sertifikasi ‘ Blue Flag’

Ilustrasi pantai di India (dok/shimanovskadms)

JYBMedia: Delapan pantai di India yang tersebar di 5 negara bagian dan 2 wilayah persatuan, telah dianugerahi sertifikasi ‘Blue Flag’.

Hal itu diumumkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Kabarnya, 8 pantai yang telah mendapat sertifikasi bergengsi internasional tersebut adalah Ghoghla (Diu), Shivrajpur (Dwarka-Gujarat), Kasarkod dan Padubidri (Karnataka).

Kemudian, Kappad (Kerala), Rushikonda (Andhra Pradesh), Radhanagar (Andaman & Nicobar Islands ), dan Pantai Emas (Puri-Odisha).

Ini adalah pertama kalinya 8 pantai di India berhasil mendapatkan label ramah lingkungan tersebut.

Merujuk pada hal yang sama, Menteri Lingkungan Serikat Prakash Javadekar juga mengatakan, bahwa India tidak hanya mendapatkan pengakuan internasional soal pantai.

Tetapi juga karena menjadi negara ‘Blue Flag’ pertama yang dianugerahi 8 penghargaan.

“Suatu prestasi yang luar biasa, karena tidak ada negara #BLUEFLAG yang pernah diberikan penghargaan untuk 8 pantai sekaligus,” katanya dikutip dari Times of India.

Ia juga menambahkan bahwa India adalah negara pertama di kawasan Asia-Pasifik yang mencapai prestasi ini hanya dalam waktu sekitar 2 tahun.

Pantai yang disertifikasi ‘Blue Flag’ dianggap pantai terbersih di dunia.

Untuk masuk kategori ini, 33 kriteria ketat yang berkaitan dengan standar lingkungan, pendidikan, kualitas air mandi, layanan dan aksesibilitas, keamanan harus dipenuhi oleh pantai.

Bulan lalu, Kementerian Lingkungan Serikat mengirimkan daftar pantai-pantai kandidat’Blue Flag’ ke Juri Internasional yang disetujui Yayasan Pendidikan Lingkungan (FEE), di Kopenhagen, Denmark.

Dewan juri diisi oleh anggota-anggota terkemuka, yaitu dari World Tourism Organization (WTO), UN Environment Programme (UNEP), Foundation for Environmental Education (FEE), dan International Union for Conservation of Nature ( IUCN).

Lebih dari 4600 pantai, perahu, dan marina dari sekitar 50 negara telah mendapatkan sertifikasi ‘Blue Flag’ sejauh ini.

Baca juga:  Banten Diguncang Gempa Berkekuatan Manigtudo 5,3

Spanyol menjadi pemegang rekor tertinggi sebagai yang terbanyak menerima sertifikat ‘Blue Flag’.

India mulai meningkatkan upaya untuk mendapatkan label tersebut pada tahun 2018.

Lalu berencana untuk memperluas jaringan sertifikasi Blue Flag ke 100 pantai dalam 5 tahun ke depan. (okz/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here