10 Menit Berolah Raga Bisa Menyehatkan Otak

Ilustrasi olah raga (dok/bukalapak)

JYBMedia: Apakah Anda mengetahui bahwa olahraga 10 menit setiap hari, dapat bermanfaat untuk kesehatan otak? Tidak percaya? Ini penjelasannya untuk Anda!

Olahraga Selama 10 Menit Bisa Menyehatkan Otak
Semua orang tahu kalau olahraga berefek sangat baik untuk kesehatan. Bukan hanya dalam hal fisik, kesehatan otak juga meningkat saat Anda aktif bergerak. Akan tetapi, aktivitas fisik ini masih sulit dilakukan secara rutin.

Salah satu alasan yang kerap kali dicetuskan adalah minimnya waktu luang yang dimiliki. Bekerja, mengurus keluarga, plus hangout dengan teman-teman sudah cukup menyita waktu Anda.
Padahal, olahraga tak melulu membutuhkan waktu yang lama, kok! Cukup olahraga 10 menit, Anda sudah bisa menyehatkan fisik sekaligus otak!
Manfaat Olahraga 10 Menit untuk Otak

Wanita sedang Joging

Sebuah studi yang diterbitkan di jurnal Neuropsychologia mengungkapkan hal tersebut. Menurut peneliti, beraktivitas fisik selama 10 menit saja dapat meningkatkan kemampuan otak.
Temuan ini tentu penting bagi Anda yang memiliki waktu terbatas untuk berolahraga dan ingin memperbaiki kondisi mentalnya.

Tim peneliti mengamati 14 orang dewasa lewat sebuah tes gerakan mata yang dirancang untuk menantang bagian otak yang berhubungan dengan fungsi eksekutif otak, yaitu kemampuan mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan kontrol diri.

Kemudian, peserta diminta untuk duduk dan membaca majalah atau mengendarai spinning bike atau sepeda statis selama 10 menit dengan kekuatan penuh. Setelah itu, periset mengulangi tes gerakan mata untuk kedua kalinya.

Mereka yang duduk dan membaca mendapatkan skor yang tidak berubah secara signifikan dari tes pertama sampai tes kedua. Tapi untuk peserta yang menggunakan sepeda statis, responsnya meningkat lebih cepat hingga 50 milidetik.

Para peneliti yakin, aktivitas fisik ini menyediakan dorongan untuk mengendalikan saraf okulomotor yang berkaitan dengan fungsi eksekutif otak.
Studi ini menunjukkan, orang mendapatkan manfaat kognitif langsung dari olahraga rutin selama 10 menit. Meski begitu, tak dijelaskan berapa lama manfaat ini dirasakan tubuh setelah berolahraga.

Baca juga:  Bugar Setiap Hari, Lakukan Cara ini

Para peneliti juga tidak secara pasti mengatakan apa yang menyebabkan “dorongan” otak ini. Namun, sejumlah teori mengatakan, peningkatan aliran darah ke otak menjadi salah satu faktornya.

Penelitian ini sangat berguna bagi orang atau pasien yang memiliki masalah ortopedi ataupun masalah mobilitas lainnya. Dengan temuan ini, orang-orang tersebut dapat memperoleh manfaat olahraga 10 menit bagi kesehatan otak.

Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan

Jadi, apa saja olahraga 10 menit yang bermanfaat bagi kognisi dan kesehatan otak? Berikut beberapa di antaranya:

1. Joging
Berlari bisa membantu proses pembentukan sel-sel baru di hippocampus. Bagian otak ini bertanggung jawab dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.
Dengan rutin joging, otak juga akan lebih baik dalam menangani stres, serta meningkatkan memori Anda.

2. Aerobik
Olahraga aerobik meningkatkan kinerja memori spasial, serta menurunkan risiko depresi, demensia, dan kecemasan. Melakukannya selama kurang lebih 1,5 jam dalam seminggu sangat bermanfaat untuk kesehatan otak.

3. Meditasi
Meditasi dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Ini adalah cara ampuh untuk mengelola stres dan untuk meningkatkan daya ingat Anda.

4. Bersepeda
Aktivitas bersepeda dapat meningkatkan aliran darah ke organ otak. Pasokan darah pun bisa memicu tumbuhnya sel-sel baru sehingga fungsi otak meningkat.

Bersepeda juga membuat mental Anda lebih kuat karena mood meningkat. Anda bisa mengatur hormon stres dengan meningkatnya adrenalin tubuh saat menggowes.

Olahraga 10 menit asalkan dilakukan secara rutin dapat menjaga kesehatan otak. Bonusnya lagi, Anda dapat menjaga kebugaran fisik setiap hari.(*/)

sumber: Klikdokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here