Pentingnya Menanamkan Sopan Santun Bagi Anak

Ilustrasi orang tua memberikan wejangan bagi anak (dok/bacaterus)

JYBMedia: Membahas tentang sopan santun, tentu saja sikap ini harus dimiliki oleh setiap orang sebagai tanda menghargai dan menghormati satu sama lain. Enggak hanya berlaku untuk orang dewasa, sikap santun dan beretika juga harus dimiliki oleh anak-anak.

Oleh karena itu, inilah pentingnya peran orang tua untuk mengajarkan anak mereka bagaimana memiliki sikap santun dan beretika sejak dini. Melansir dari Pop Mama, Sabtu (24/10), ini cara tepat mengajar anak cara beretika dan memiliki tata krama!

1. Ajarkan cara beretika dan sopan santun di rumah
Enggak hanya harus sopan santun dengan orang lain di lua rumah, di dalam rumah pun Moms harus mengajarkan anak cara bersikap yang tepat. Cara ini akan melatih anak untuk bersikap lebih santun baik di rumah dan di luar rumah.
Moms bisa coba mengajari si kecil cara bersikap yang tepat seperti etika saat di meja makan, etika berbicara dengan orang yang lebih tua hingga etika mengetuk pintu. Dengan melatihnya beretika di rumah, anak akan menjadi terbiasa.

2. Perilaku orang tua mempengaruhi perilaku anak
Jika Moms ingin si kecil memiliki etika dan sikap santun, Moms juga harus menunjukkan sikap yang beretika di depan si kecil. Anak yang masih dalam pertumbuhan akan sangat mudah meniru. Terutama meniru kedua orang tuanya. Oleh karena itu, setiap tindakan yang Moms lakukan haruslah memiliki sopan santun baik dari cara berbicara maupun perilaku agar si kecil juga dapat meniru dengan cara yang baik.

3. Jelaskan pada si kecil manfaat memiliki etika
Terkadang si kecil masih bingung kenapa ia harus melakukan ini dan untuk apa. Oleh karena itu, Moms perlu menjelaskan akan pentingnya memiliki sikap santun dan beretika. Jelaskanlah pada si kecil bahwa memiliki sopan santun dan etika akan membuatnya disukai oleh banyak orang dan memiliki banyak teman.

Baca juga:  Hal Negatif Menatap Layar Smartphone Terlalu Lama

4. Tegur jika si kecil melakukan kesalahan
Jika Moms melihat si kecil melakukan kesalahan, tegurlah langsung si kecil saat itu juga. Cara ini agar anak menjadi lebih paham bahwa yang ia lakukan itu salah dan akan membuat mereka lebih ingat. Namun, jika Moms berada di lingkungan publik, ada beberapa hal yang dapat Moms pertimbangkan. Moms bisa menegurnya langsung atau nanti.
Hal ini tergantung kepribadian si kecil. Jika Moms tahu bahwa si kecil memiliki hati yang sensitif lebih baik menegurnya saat sedang berdua saja. Hal ini dikarenakan anak yang sensitif akan membuatnya jadi enggak percaya diri lagi.

5. Selalu ingatkan si kecil bagaimana ia harus berperilaku
Cara ini harus Moms lakukan secara konsisten agar melekat dalam ingatan anak. Misalnya saat sedang makan, Moms harus mengingatkan si kecil untuk tidak mengangkat kaki saat makan atau bagaimana ia harus berperilaku saat bertemu dengan orang yang lebih tua. Ulangilah terus pada si kecil hingga membuat mereka menjadi terbiasa.

Itu dia Moms cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan si kecil memiliki etika dan sopan santun. Silakan dicoba, ya, Moms!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here