Pemuda Jember Juarai Lomba Pemuda Pelopor Nasional

Abdul Rofiq Badril Rizal asal Kabupaten Jember berhasil meraih juara pertama di Bidang Inovasi dan Teknologi.(dok/lenteratoday.com)

JEMBER – JYBMedia: Kejuaraan Pemuda Pelopor Jatim mampu mengharumkan nama Provinsi Jawa Timur dan Jember. Hal itu diraih setelah salah satu putra daerah berhasil membawa gelar tiga juara dalam kegiatan Pemuda Pelopor Nasional yang digelar oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.
Salah satu Pemuda pelopor berprestasi itu adalah Abdul Rofiq Badril Rizal asal Kabupaten Jember. Dianberhasil meraih juara pertama di Bidang Inovasi dan Teknologi.

Badril Rizal di sela-sela bertemu Plt Bupati Jember KH Muqit menceritakan, dia dan tim mampu meraih juara berkat adanya inovasi dan teknologi daur ulang sampah yang diintegrasikan dalam sebuah aplikasi. “Jadi kami presentasikan Kertaspedia yang bergerak dalam bidang manajemen sampah terintegrasi. Saat ini kami fokus mengumpulkan sampah anorganik kertas dan plastik di masyarakat Jawa Timur untuk kemudian didaur ulang menjadi kertas dan plastik baru,” terang Badril Rizal.

Menurut dia, dengan Kertaspedia maka mempunyai harapan besar agar masyarakat sadar tentang pentingnya daur ulang sampah dalam upaya mengurangi pencemaran lingkungan.

“Tak perlu susah payah, cukup order layanan jual sampah di mobile apps Kertaspedia Android & iOS dan tunggu driver kami datang menjemput sampahmu kapanpun dan dimanapun,” seperti dikutip dari lenteratoday.com grup Siberindo.co, jaringan jybmedia.com, Rabu (28/10).
Kertaspedia tuturnya, berangkat dari permasalahan klasik yang dari dulu sampai sekarang masih ada di masyarakat yaitu permasalahan sampah. “Berawal dari layanan daur ulang sampah kertas, sekarang aplikasi Kertaspedia juga merambah daur ulang sampah plastik yang masih menjadi salah satu tantangan terbesar dalam manajemen sampah di masyarakat,” terangnya.

Berkat itu juga, kini Kertaspedia menjadi salah satu pioneer platform manajemen sampah terbesar di Jawa Timur yang melayani ribuan pengguna yang tersebar di berbagai kota dengan berkolaborasi dengan customer, mitra agent, dan juga Dinas Lingkungan Hidup di banyak kota.

Baca juga:  Komunitas Hidroponik Kota Kediri Berbagi Sayuran Warga Terdampak Corona

“Kertaspedia menjadi simbol yang mengingatkan kita bahwa permasalahan sampah bisa diatasi dari diri kita sendiri. Menjadi pahlawan bagi lingkungan kini tidak perlu susah payah, cukup pilah sampahmu dan daur ulang melalui Kertaspedia. Kontribusimu akan sangat berdampak pada kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Sementara Plt. Bupati Jember, Drs. KH. A. Muqit Arief, merasa bangga dengan keberhasilan Rizal yang telah meraih juara 1 sebagai pemuda pelopor tingkat nasional di bidang inovasi teknologi.
“Saya merasa berbahagia sekali, putra Jember berhasil menjadi pemenang juara nasional,” terang Plt Bupati Muqit.
Plt Bupati Muqit juga menyerahkan piagam penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Jember. Menurut KH Muqit itu, karya Rizal sangat produktif.

“Masalah sampah saja bisa menjadi juara nasional, apalagi potensi yang lain,” imbuhnya. Pengelolaan sampah serupa juga dilakukan oleh santri. Karena itu, Kiai Muqit berharap bisa disinergikan.
“Kami berharap pemuda-pemudi Jember bisa terus berprestasi, karena ini masih pintu masuk ke prestasi selanjutnya,” pungkasnya. (mok/sib/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here