Dampak Konsumsi Teh di Saat Perut Kosong

Ilustrasi Teh (dok/bimata)

JYBMedia: Banyak kebiasaan yang dilakukan oleh orang pada pagi hari. Ada orang yang mengawali paginya dengan berolahraga, membaca koran, konsumsi kopi, atau juga teh.
Salah satu kebiasaan yang banyak dimiliki seseorang pada pagi hari adalah konsumsi teh. Hal ini kerap juga dilakukan pada saat kondisi perut kosong.

Banyak yang mempercayai bahwa hal ini lebih aman dilakukan karena kandungan dari teh ini tidak sekeras kopi. Walau begitu, bukan berarti hal ini tidak memiliki dampak pada diri.
Selama ini, teh telah diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan karena kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta metabolisme. Walau begitu, konsumsi dengan cara yang tidak tepat ternyata juga bisa berbahaya.

Teh memiliki kandungan kafein di dalamnya sehingga bisa memicu asam lambung dan mengganggu pencernaan pada kondisi perut kosong. Selain itu, terdapat hal lain yang bisa menjadi alasan untuk tidak melakukannya.
Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah dampak yang bisa terjadi ketika konsumsi teh dalam perut kosong.

1) Terganggunya Metabolisme
Konsumsi teh pada perut kosong di pagi hari bisa mengganggu metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena kondisi asam yang tidak seimbang serta kandungan alkalin di perut. Hal ini bisa mengganggu metabolisme tubuh dan bisa menyebabkan masalah.

2) Menimbulkan Rasa Lelah
Walau ingin meningkatkan energi, konsumsi teh susu di pagi hari bisa membuatmu merasa lelah di pagi hari. Hal ini tentu merupakan hal yang tidak ideal terutama jika kamu berniat untuk meningkatkan produktivitas.

3) Erosi Email Gigi
Konsumsi teh di pagi hari bisa menyebabkan gigi jadi terkikis. Hal ini terjadi karena bakteri di dalam mulut bakal memecah gula sehingga meningkatkan tingkat asam di mulut sehingga menyebabkan erosi pada email gigi.

Baca juga:  Kandungan Menakjubkan di Buah Pir

4) Menurunkan Nafsu Makan
Tidak hanya teh susu, konsumsi teh hitam di pagi hari juga bisa menyebabkan dampak buruk. Konsumsi teh hitam saat perut kosong bisa menyebabkan rasa mual dan menurunkan nafsu makan.

5) Kembung
Banyak orang mengalami perut kembung terutama setelah mengonsumsi teh susu. Hal ini terjadi karena kandungan tinggi laktosa dalam susu bisa berdampak pada perut yang kosong. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya konstipasi serta tumupukan gas di perut.

6) Mual
Waktu antara malam dan pagi hari biasanya membuat perut dalam kondisi kosong. Konsumsi teh sete;ah bangun tidur bisa menyebabkan aktivitas cairan empedu di dalam perut. Hal ini bisa menyebabkan munculnya rasa mual.

7) Kecemasan
Konsumsi teh pada kondisi perut kosong bisa menimbulkan dampak lain pada tubuh berupa kecemasan dan masalah lain yang berhubungan dengan tidur. Jika kamu berencana untuk mengonsumsi teh di pagi hari, sebaiknya konsumsi setelah sarapan.

8) Rasa Tak Nyaman
Kandungan kafein di dalam teh memang bisa membuat kita menjadi bertenaga seketika. Namun efek samping juga dapat terjadi berupa rasa mual, melayang, serta rasa tak nyaman.

9) Dehidrasi
Teh memiliki sifat dieuretik di dalamnya yang bisa menghilangkan kandungan air dari dalam tubuh. Ketika kamu terbangun di pagi hari, tubuh sudah dalam kondisi dehidrasi karena tertidur selama delapan jam anpa konsumsi air. Ketika kamu mengonsumsi teh pada saat bangun tidur, dehidrasi yang terjadi bisa semakin parah dan bisa menyebabkan kram otot.

10) Mengganggu Penyerapan Zat Besi
Di antara jenis teh lain, teh hijau bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi secara alami. Konsumsi teh dalam kondisi perut kosong bisa menyebabkan terjadinya anemia. Lebih lanjut, hal ini bisa menurunkan penyerapan zat besi pada tubuh.
Sejumlah masalah tersebut bisa Anda alami ketika mengonsumsi kopi di pagi hari terutama dalam kondisi perut kosong. Sebaiknya, kamu mengonsumsi kopi setelah sarapan agar tidak mengalami berbagai dampak buruk tersebut. (RWP/mdk)

Baca juga:  Hindari Memasak Telur dengan Cara Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here