Wisata Aliran Sungai Cisanggarung yang Mempesona

Ilustrasi wisata di aliran sungai Cisanggarung, Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan.

JAKARTA – JYBMedia: Satu lagi wisata air di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, bisa menjadikan akhir pekan Anda begitu berwarna. Lokasinya, berada di aliran sungai Cisanggarung, Desa Sukaimut, Kecamatan Garawangi.

Di tempat itu, disebut juga wisata air Moncongos. Anda bisa mencoba wisata ekstrem, yakni river tubing atau disebut donat boat.

Ini adalah salah satu wisata air dalam bentuk pengarungan sungai dengan memakai ban-dalam kendaraan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk keamanan dan kenyamanan pengendaranya.

Wisata river tubing berkembang di Indonesia sejak 1990, tepatnya di Sungai Alas, Aceh. Barulah 5 – 10 tahun ke belakang donat boat mulai populer di berbagai provinsi di Indonesia, salah satunya di Jawa Barat.

Sensasi berhanyut-hanyut dengan menggunakan ban, cukup memberikan tantangan tersendiri bagi sejumlah orang.

Atas dasar itulah, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sukaimut, menyulap aliran sungai Cisanggarung menjadi wahana river tubing dan diberi nama Wisata Air Moncongos.

Seperti dilansir dari mimbar-rakyat.com, grup siberindo.co, jaringan jybmedia.com, Sabtu (7/11), letak Desa Sukaimut tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Kuningan, yakni sekitar enam kilometer.

Belum resmi dibuka

Ketua BUMDes Sukaimut Adi Hardiansyah mengatakan, meski Wisata Air Moncongos belum resmi dibuka, antusiasme wisatawan cukup tinggi, terutama saat long weekend seperti beberapa hari yang lalu.

“Waktu libur panjang kemarin, banyak pengunjung yang datang mayoritas wisatawan lokal, juga dari Jakarta yang datang ke sini, padahal kita belum launching,” jelas Adi.

Rencananya, lanjut Adi, Wisata Air Moncongos akan diresmikan pada akhir 2020. Harga tiket masuk Rp25 ribu per orang, sudah termasuk fasilitas antar-jemput dari lokasi akhir kembali ke titik awal, dan jasa dokumentasi.

Baca juga:  Menag Ijinkan Madrasah Gelar Pembelajaran Tatap Muka dengan Syarat

Dengan peralatan yang memadai Anda akan diajak menyusuri aliran Sungai Cisanggarung sekitar satu kilometer dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

“Sekali main tarifnya sebenarnya Rp75 ribu tapi masih promo jadi Rp25 ribu untuk satu orang sampai akhir tahun. Itu termasuk antar jemput, pengaman, sepatu, pelampung, helm, dan jasa dokumentasi,” lanjutnya.

Semula, Adi bersama rekannya akan membuat wisata arum jeram. Namun, karena debit air yang tidak menentu, ide itu berganti menjadi wisata river tubing.

Di musim hujan ini pihak BUMDes Sukaimut juga telah mengantisipasi kemungkinan jika terjadi banjir. Menurutnya, sudah ada petugas yang memantau debit air di hulu sungai yakni Waduk Darma.

“Arus sungai ini sumbernya dari Darma, jadi kita koordinasi dengan pihak di sana. Kalau hujan deras kemungkinan bakal banjir. Nah airnya sampai sini dua jam. Jadi kalau di sana hujan deras pasti koOrdinasi kes ini sehingga insya Allah aman,” ungkap Adi.

Bagaimana, Apakah Anda tertarik untuk menguji adrenalin di sungai itu? (and/arl/sib/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here