Reaksi Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri di Hari Pahlawan

(dok/jybmedia.com)

KEDIRI – JYBMedia: Sebagai bentuk memaknai jasa-jasa para Pahlawan, Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri, memaknainya dengan tantangan zaman

Ketua GP Ansor Kabupaten Kediri, Rizmi Haitami Azizi,menjelaskan, hari Pahlawan memiliki sejarah yang panjang dan sangat penting dalam upaya mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia dari penjajah, hingga mencapai kemerdekaan pada saat itu.

” Atau lebih tepatnya, pada tanggal 10 November 1945 pendiri Nahdhatul Ulama, KH Hasyim Asyari, memberikan fatwa tentang resolusi jihad, dengan menggerakan para santri dan masyarakat melawan penjajah di Kota Surabaya, atas permintaan langsung Presiden Sukarno, ketika itu memohon fatwa hukum pada ulama berkaitan berperang melawan penjajah” ujarnya, Rabu (11/11)

Ulama muda yang akrab disapa Gus Rizmi menambahkan, setiap era memiliki tantangannya masing-masing. Kalaupun dulu para pahlawan angkat senjata untuk mengusir penjajah, kini tantangan bagi generasi muda atau milenial adalah menggunakan media sosial secara bijak dalam perkembangan era digital.

” Untuk itu, marilah kita sebarkan informasi yang bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat dengan tidak menyebarkan berita-berita yang tidak benar, agar tidak menimbulkan perpecahan. Bahkan para ulama telah mengajarkan kepada kita semua untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah (persaudaraan umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan bangsa), dan ukhuwah basyariyah (persaudaraan umat manusia) kita semua adalah saudara” urainya.

” Nabi Muhammad SAW telah memberikan banyak contoh dalam aspek kehidupan, salah satunya adalah Islam rahmatan lil alamin. Artinya, agama yang merupakan bentuk rahmat dan rasa kasih sayang Allah SWT kepada seluruh alam semesta” pungkas Gus Rizmi.(abi/bud)

Baca juga:  Harga Terus Anjlok, Peternak Ayam Petelur Merugi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here