Bercocok Tanam Sayuran dengan Media Hidroponik di Rumah Aja

(dok/Eka zuwita Sari)

JYBMedia: COVID-19 menyebabkan bermacam kegiatan yang melibatkan khalayak ramai, terpaksa dibatalkan. Tidak terkecuali, kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang biasanya dilaksanakan setiap tahun oleh UIN Walisongo Semarang. Tahun ini, UIN Walisongo melaksanakan KKN secara online yang pelaksanaannya dari rumah setiap mahasiswa.

Salah satunya, Zuwita yang merupakan salah satu peserta KKN Era New Normal Covid-19 melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Purwoyoso, Semarang. Dalam pelaksanaannya, miliki upaya untuk mengisi waktu yang produktif selama di rumah dengan mengadakan urban farming bagi masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah kota dengan cara penanaman Hidroponik.

Penanaman hidroponik di wilayah kota sangat cocok bagi masyarakat yang tidak memiliki halaman yang cukup untuk bercocok tanam, karena hidroponik hanya menggunakan air dan nutrisi yang cukup bagi tanaman untuk berkembang. Hal ini, juga dapat menekankan kepada gaya hidup sehat dengan selalu mengonsumsi sayur-sayuran selama masa pandemik Covid-19.

Mahasiswa KKN RDR-75 UIN Walisongo Semarang mengadakan pelatihan menanam sayuran menggunakan teknik hidroponik sasarannya pemuda Karang Taruna di kelurahan Purwoyoso, Selasa 10 November 2020. Tujuannya, untuk menumbuhkan semangat dan pengetahuan lebih bercocok tanam yang efisien dan praktis diterapkan pada daerah perkotaan minim lahan bercocok tanam. Kegiatan ini, mengundang pemateri Diah Oktaviana yang merupakan seorang pebisnis yang senang budidaya tanaman dengan sistem hidroponik.

Diah Oktaviana mengatakan, menanam sayur-sayuran tidak harus selalu menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Sayuran juga bisa ditanam di air atau yang sering disebut tanaman hidroponik.

”Tanaman hidroponik ini sangat cocok sekali bagi daerah perkotaan yang tidak memiliki lahan luas, dan sebagai proses budidaya dalam ketahanan pangan,” ujar Diah Oktaviana, sesuai pemberitaan yang dikirim ke Redaksi jybmedia.com, Selasa (17/11)

Baca juga:  Melihat Nasib Pembelajaran Anak Ditengah Pandemi

Dia berharap, Pemuda Karang Taruna menyambut positif diadakannya kegiatan pelatihan hidroponik ini.

”Pelatihan ini sangat membantu pengetahuan Karang Taruna dalam penanaman hidroponik dan berharap bisa diterapkan kepada masyarakat sekitar,” sambut Yayan, Ketua Karang Taruna.

Untuk diketahui, beberapa jenis sayuran yang paling cocok ditanam dengan sistem hidroponik, yakni: Bayam, tomat, selasa, pakcoy, kangkung, kemangi. Dengan menggunakan sistem ini tidak perlu khawatir ketika ingin memiliki kebun sayur rumahan yang sehat bernutrisi dengan lahan minim.

Pelatihan ini, memberikan manfaat dan pengetahuan baru bagi masyarakat terutama pemuda Karang Taruna, agar bisa mengenal teknik hidroponik yang mudah dipraktikkan sendiri dirumah bisa membudidayakan tanaman sayuran hidroponik yang sehat dan bernutrisi di daerah perkotaan saat ini. (*/)

Pengirim : Eka zuwita Sari
Mahasiswi UIN walisongo
Nim 1708066002
Jurusan : Pendidikan Fisika

Bagi anda yang ingin berpartisipasi di kolom pembaca jybmedia.com atau jyb netizen, Anda bisa mengirimkan melalui WA di 081335017333 atau di email redaksi.jybmedia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here