Kerajinan Unik Pohon Kelapa Bernilai Ratusan Ribu

(dok)

LEBAK – JYBMedia: Saat virus corona mewabah, banyak orang mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan, salah satunya melakukan budidaya tanaman bonsai kelapa.

Tapi yang dibudidayakan Muktarudin bukan sekadar pohon kelapa. Pohon kelapa di tangan pria yang kesehariannya Sekretaris Desa (Sekdes) Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten adalah pohon kelapa yang dikerdilkan sehingga tampak cantik dan unik. Harganya pun dibanderol ratusan ribu rupiah.

“Dibutuhkan keahlian dan ketelatenan untuk membentuk bonsai yang cantik dan menarik,” ujar Muktarudin yang akrab dipanggil Abut, dilansir dari Bungasbanten.id, grup siberindo.co,jaringan jybmedia.com, Selasa (17/11)

Menurutnya, untuk satu bonsai yang memiliki tampilan artistik akan dihargai ratusan ribu rupiah.

“Nilai seni bonsai kelapa ini sangat tinggi, apalagi di suasana pandemi yang butuh hiburan di rumah. Saya hobi dengan bonsai kelapa dan saya suka melakukan kegiatan d isaat ada kekosongan waktu. Sehabis pulang kerja dan hari libur jika tidak ada kegiatan lain maka saya mengerjakan menanam atau mengukir bonsai kelapa” urainya.

Dan hasil kerajinan saya ini dijual dengan harga bervariasi. Untuk yang paling mahal harganya Rp700.000, dan itu sudah banyak yang beli, ada yang dari wilayah setempat, Serang, Tangerang, Jakarta, dan pernah ada yang dari Lampung juga.

” Namun, semua peminat itu harus datang langsung ke tempat saya. Setelah saya rasakan dari hasil penjualan bonsai kelapa itu, uangnya cukup lumayan per bulannya, ya bisa mencukupi kebutuhan ekonomi kami,” pungkas Muktarudin. (uze/sib/red)

Baca juga:  Ketua PBNU : Protokol Kesehatan Adalah Kewajiban

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here