ITTS Ciptakan Masker yang Dilengkapi Kipas Angin

(dok/petisi.co)

SURABAYA – JYBMedia: Portable masker sebuah alat wajib dalam masa pandemi ini. Masker ciptaan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS) tersebut bisa cocok untuk masyarakat saat melakukan kegiatan olahraga, seperti saat jogging atau bersepeda.

Rektor ITTS Tri Arif Sarjono mengatakan, masker itu memang sengaja didesain khusus dan dilengkapi dengan sebuah kotak kipas yang berfungsi menyaring udara.

“Kali ini maskernya berbeda sebab dilengkapi dengan kotak yang di dalamnya ada kipas. Sebelum udara ini sampai di masker kita filter dulu,” kata Tri Arif saat menyerahkan bantuan tiga alat penanganan Covid-19 kepada Pemkot Surabaya di halaman Balai Kota Surabaya, seperti dikutip petisi.co, grup siberindo.co, jaringan jybmedia.com, Sabtu (21/11)

Masih menurut Arif, masker ini bisa menjadi jawaban kepada warga yang gemar melakukan kegiatan olahraga, sekaligus memperhatikan penerapan protokol kesehatan.

“Jadi alat ini dapat menyaring udara kotor menjadi udara bersih dan mencegah penularan Covid-19,” jelas dia.

Selain menyerahkan portable masker, ITTS juga menyerahkan dua alat ciptaan yang lain yaitu Crane Pemulasaran Jenazah versi 3.0 dan Ventilator Command Center. Crane Pemulasaran Jenazah versi 3.0, sebenarnya alat semacam ini pernah dipresentasikan secara langsung di hadapan Walikota Surabaya Tri Rismaharini beberapa waktu lalu. Namun kala itu, crane tersebut masih harus dilakukan penyempurnaan.

Fungsi crane versi 3.0 ini untuk menurunkan peti jenazah ke liang kubur. Estimasi waktu yang digunakan pun sangat cepat, yaitu 38 detik, dengan begitu kerja petugas pemulasaran bisa semakin mudah.

“Alat ini diturunkan dengan katrol dan tali yang dikendalikan oleh remote control. Kemudian alat ketiga yaitu ventilator command center yang berfungsi mengendalikan dan memonitor ventilator dari jarak jauh,” tutupnya. (nan)

Baca juga:  Perpani Lampung Gelar Seleksi Seleknas Sea Games Secara Virtual

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here