Lintas Ormas di Bandung Bagikan Puluhan Ribu Boks Masker

(dok/tarungnews.com)

BANDUNG – JYBMedia: Kepedulian berbagai elemen untuk menekan angka penularan Covid-19 semakin tinggi. Terbukti sejumlah organisasi masyarakat (ormas) terjun langsung untuk membagikan masker gratis bagi masyarakat tidak mampu. Masker gratis yang dibagikan sejumlah 1.400 boks, dari 16 ribu boks yang disediakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung.

Ketua Distrik LSM GMBI Kota Bandung, Moh Mahsur atau biasa dipanggil Abah, menilai, kegiatan bagi-bagi masker gratis sangat membantu masyarakat, terutama kategori tidak mampu.

“Kami dari lembaga organisasi kemasyarakatan sangat antusias dan mendukung. Kegiatan ini postif,” ujar Abah di sela penyerahan masker gratis di kantor Dinkes Kota Bandung, baru-baru ini.

Abah mengatakan, masyarakat saat ini sudah sangat terbebani dengan pandemi Covid-19 ini.

“Masyarakat terbebani dengan kebutuhan pokok, sehingga adanya pembagian masker gratis ini sangat meringankan beban,” tandas Abah. Sambutan postif lembaga masyarakat ini sangat direspons Dinkes.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Bandung, Rita Verita mengaku, menyambut baik keinginan lembaga kemasyarakatan yang ada di Kota Bandung untuk membantu membagikan masker gratis kepada masyarakat tidak mampu yang ada di sejumlah kecamatan.

“Kami bangga dan senang dibantu oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan ini,” ujar Rita.

Pembagian masker gratis ini, lanjut Rita, merupakan program rutin Dinkes yang dilakukan setiap Hari Kesehatan Nasional.

“Kegiatan ini bentuk kepedulian terhadap masyarakat tidak mampu. Masyarakat masih perlu kita bantu, seperti masker,” terang Rita.

Rita menambahkan, Dinkes Kota Bandung membagikan 200 boks masker kepada setiap perwakilan organisasi kemasyarakatan masing-masing untuk melakukan pembagian masker.

“Total masker yang kami bagikan sebanyak 1.400 boks masker, dari total 16 ribu boks masker,” ungkap Rita.

Ribuan masker ini dibagikan bertepatan Hari Kesehatan Nasional ke-56, Selasa (17/11). Pembagian masker, lanjut Rita, merupakan upaya mengajak warga tidak mampu agar berpartisipasi aktif dalam Gerakan Bersama (Gema) melawan Covid-19 melalui 3 M, yakni menggunakan, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca juga:  Ogah Pakai Masker, Puluhan Warga di Denda Rp 100 Ribu

Rita berharap, pembagian masker ini bisa menekan angka Covid-19.Pasalnya, angka Covid-19 mengalami sedikit kenaikan dibanding sebelumnya.

“Saya melihat masyarakat belum memahami, bahwa masker harus dipakai karena aman untuk diri sendiri dan orang lain,” pungkas Rita.(rjs/sib/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here