Ini Harapan Raja Salman di KTT G 20

Raja Arab Saudi Salman menyampaikan pidato terakhirnya pada KTT Pemimpin G20 tahunan ke-15 di Riyadh. (Arab News)

RIYADH – JYBMedia: “Kami telah berhasil mengirimkan pesan harapan dan kepastian kepada warga kami dan semua orang di seluruh dunia melalui komunike terakhir dari KTT para pemimpin ini.” Demikian dikatakan Raja Arab Saudi, Salman, saat menyampaikan sambutan penutupnya di akhir KTT G20.

Negara-negara G20, dikatakanya, telah berhasil mengirimkan pesan harapan dan kepastian kepada warganya dan komunitas global. Dalam sambutan penutupnya, Minggu (22/11) di akhir KTT dua hari secara virtual dari Riyadh. Karena pandemi COVID-19, Raja mengatakan, bahwa negara-negara G20 telah menjunjung tinggi komitmen mereka untuk bekerja sama menghadapi pandemi COVID-19 dan untuk melindungi kehidupan dan mata pencaharian.

“Kami telah mengadopsi kebijakan penting yang akan mencapai pemulihan menuju ekonomi yang tangguh, berkelanjutan, inklusif, dan seimbang,” kata Raja Salman, diikutip mimbar-rakyat grup siberindo.co, jaringan jybmedia.com dari Arab News.

“Kebijakan ini juga akan menjaga momentum agar sistem perdagangan global berfungsi untuk semua, dan menciptakan kondisi untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.” tandasnya.

Raja mengatakan, negara-negara G20 akan bekerja untuk meletakkan fondasi guna mencapai peluang bagi semua melalui pemberdayaan masyarakat, menjaga planet, dan membentuk batas baru.

“Tindakan bersama dan individu kami akan sangat penting dalam mengatasi tantangan global langsung yang kami hadapi,” katanya.

Raja Salman mengatakan, meskipun ini adalah pertama kalinya Arab Saudi memegang kursi kepresidenan, Kerajaan mampu “menghadapi tantangan” di tengah pandemi dengan dukungan negara-negara anggota.

“Karena perawakannya yang unik secara regional dan internasional … Kerajaan akan terus memainkan peran kunci dalam G20 untuk mencapai kerja sama global dan menemukan solusi untuk tantangan dunia yang paling mendesak,” kata raja.

Raja menyerahkan kursi kepresidenan G20 ke Italia, yang akan memimpin KTT tahun depan.(edy/sib/red)

Baca juga:  Awas! Tak Pakai Masker di Denda Ratusan Ribu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here