Ingin Pelihara Ikan Cupang ? Siapkan Peralatan Ini!

Ilustrasi ikan cupang (dok/tajuk)

JYBMedia: Memelihara cupang menjadi salah satu hobi favorit selama masa pandemi virus corona Covid-19. Cupang, merupakan ikan yang tergolong mudah untuk dirawat dan memiliki ketahan hidup yang tinggi. Anda hanya cukup mengatur ph dan sering mengganti air untuk merawat hewan cantik ini.

Meski mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, namun Anda perlu menyiapkan beberapa alat untuk khusus sebelum memelihara cupang. Merangkum dari Japanese Fighting Fish, berikut peralatan yang dibutuhkan untuk memelihara cupang.

1. Ember atau wadah berukuran besar

Ember atau wadah besar adalah perlengkapan penting selama proses penggantian air cupang. Setiap minggu Anda harus membuang 10-15% air akuarium dan terkadang air harus dikosongkan seutuhnya. Ember dapat berguna dalam hal lain, seperti tempat membersihkan ornamen akuarium atau tempat menyimpan semua peralatan akuarium Anda yang lain.

2. Alat siphon

Siphon merupakan alat yang penting untuk perawatan akuarium. Selain berfungsi untuk mengeluarkan air dan memindahkannya ke ember, alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran ikan. Siphon bekerja dengan menekan pompa kecil yang ada di tangan secara manual.

3. Pembersih alga

Pembersih alga dapat menghilangkan lumut yang menempel pada kaca. Terkadang warna keruh seperti air kotor sebenarnya adalah lumut yang menempel di kaca akuarium. Pastikan sikat pembersih bisa mencapai dasar tangki akuarium.

4. Jaring ikan

Jaring ikan adalah alat yang sangat berguna untuk membuang kotoran yang lebih besar dari akuarium. Alat ini juga diperlukan untuk memindahkan ikan dari tangki. Jaring ikan adalah cara teraman untuk memindahkan ikan.(*/)

Baca juga:  Menelaah Akan Manfaat Minum Air Hangat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here