Asyiknya Menikmati Malioboro Sambil Bersepeda

Ilustrasi suasana Malioboro, Yogyakarta (dok/rudinazar)

JYBMedia: Anda pernah ke Yogyakarta ? Pasti, mencari tempat parkir mobil di Malioboro, Yogyakarta sangatlah mudah. Tapi, bagaimana dengan tempat parkir sepeda ya?

Tak perlu khawatir, karena tempat parkir sepeda di Malioboro kini juga mudah dicari. Bahkan di sana juga terdapat jalur sepeda yang nyaman banget.

“Kami sebenarnya sebelum Covid-19 ini, sudah merancang jalur-jalur sepeda, ruang tunggu sepeda, dan bahkan mewacanakan waktu-waktu khusus untuk bersepeda. Mungkin Sabtu dan Minggu jadi hari bersepeda ke depannya,” jelas Wakil Walikota Yogyakarta Drs Heroe Poerwadi MA beberapa waktu lalu seperti dilansir dari KRJogja.com.

Apalagi saat ini pemerintah Kota Yogyakarta telah membuat kebijakan baru tentang larangan untuk kendaraan bermotor melintasi Jalan Malioboro. Aturan ini mulai pukul 18.00 hingga 21.00 WIB dan memberlakukan sistem satu arah.

Jika sebelumnya trotoar di Jalan Malioboro digunakan untuk lahan parkir ilegal, sekarang para pejalan kaki dan pengguna sepeda bisa dengan tenang menggunakan haknya kembali di pedestrian Malioboro.

Nah, jika Anda ingin mencoba berkeliling Malioboro dengan menggunakan sepeda tidak perlu bingung untuk mencari tempat parkir sepeda ketika ingin beristirahat sejenak ataupun melihat aktivitias lain di sini.

Selain tempat parkir sepeda yang ada di Malioboro Mall, sejumlah titik di jalan pedestrian Malioboro juga sudah disediakan banyak sandaran untuk memarkirkan sepeda Anda. Namun pastikan juga Anda mengunci sepeda Anda dengan kunci tambahan agar tetap aman.

Selain itu, jika tidak membawa sepeda, Anda juga bisa menyewa “Jogja Bike” di kawasan Malioboro. Ini merupakan fasilitas peminjaman sepeda daring yang disediakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan start up lokal.

Saat ini, sudah ada banyak titik peminjaman Jogjabike di kawasan Malioboro, di antaranya di dekat Loko Café, Malioboro Mall, Stasiun Tugu, Kantor Gubernur atau Kepatihan DIY, Museum Vredeburg, dan Taman Pintar. Rencananya juga Pemerintah DIY akan terus menambahkan unit sepeda untuk Jogjabike ini.

Baca juga:  Supermodel Bella Hadid Ikut Aksi Bela Palestina

Hal tersebut diharapkan, bisa menjadi momentum untuk mengembalikan citra Yogyakarta yang terkenal dengan kota sepeda dan bisa menjadi peluang untuk membangkitkan dunia wisata di Yogyakarta.(*/okz/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here