Miris! Rumah Penyandang Disabilitas di Bawang Nyaris Roboh

Nurhadi, Panglima Laskar Panji Peduli saat mendatangi rumah Suparni, warga Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.

KEDIRI – JYBMedia: Nelangsa, inilah yang kita rasakan apabila melihat kondisi rumah Suparni, warga Kelurahan Bawang, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur. Bagaimana tidak, rumah yang ditempati lelaki paruh baya bersama anak lelakinya nyaris roboh dan belum mendapat reaksi pihak terkait.

Mirisnya lagi, lelaki yang mengalami cacat pada kaki kananya tersebut, hanya mengandalkan penghasilan dari menyewakan meja billiard dan beberapa ekor bebek yang dimilikinya. Dari sinilah, ia hanya mampu pasrah dengan kondisi rumahnya berukuran 10 meter X 15 meter.

” Tidak mampu membenahi rumah. Untuk makan sehari-hari saja hanya mengandalkan jasa dari sewa meja billiard dan menjual telur dari hewan ternak Bebek yang saya miliki. Itupun kalau bebeknya pas bertelur” ucap Suparni, saat didatangi Nurhadi, Panglima Laskar Panji Peduli, belum lama ini.

Dengan nada memelas, lelaki yang akrab disapa Pak Parni tersebut juga menguraikan, kalau kondisi hujan secara otomatis rumahnya bocor. Solusinya, ia harus mengungsi di teras rumah yang ditempati meja billiard, karena dirasa aman dan tidak bocor.

Disamping itu, ia sebenarnya ingin bekerja supaya bisa membenahi rumah. Tapi, semuanya tidak akan terwujud dengan kondisinya yang cacat fisik. Sedangkan, anaknya masih duduk dibangku SMP.

” Maksud hati ingin bekerja, tapi kondisi kayak gini. Sebenarnya ada niatan buka warung, tapi terbentur modal, hingga hanya menjadi impian saja sampai saat ini. Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Bapak Nurhadi, mau singgah dan melihat keadaan rumah kami” ucapnya.

Dari kondisi itu, Nurhadi seolah tak kuasa menahan haru, hingga dirinya bersama Yayasan Laskar Panji Peduli akan berupaya mewujudkan impian Suparni untuk membenahi rumahnya. Dimana, atap rumahnya secara secara keseluruhan berlubang dan nyaris roboh.

Baca juga:  Lintas Komunitas Tulungagung Wujudkan Program Bedah Rumah

” Kami juga mengundang empati dari semua pihak.Ayo, kita wujudkan kepedulian kepada Saudara kita yang mengalami cacat fisik dengan kondisi rumah mengenaskan. Monggo, yang ingin bergabung bisa langsung mendatangi Markas Cinta Laskar Panji Peduli, Nomor 12, Kota Kediri” ujar Nurhadi yang juga Anggota DPR RI Komisi VIII.(red/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here