Presiden Ajak Isi Medsos dengan Konten Sejuk

Presiden Joko Widodo (dok/rencanamu)

JAKARTA — JYBMedia: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat agar mengisi media sosial dengan konten yang penuh kesejukan dan keteduhan. Ia mengingatkan, pemerintah selama ini terus membangun infrastruktur digital.

Infrastruktur itu dibangun lengkap dan diharapkan bisa menjangkau seluruh wilayah. “Mari kita manfaatkan untuk hal-hal yang positif,” tulis Jokowi pada akun twitternya @jokowi, Sabtu (19/12).

Isilah media sosial itu dengan kabar dan berita yang penuh keteduhan dan kesejukan.

Pada Kicauan sebelumnya Jokowi menyatakan, pembangunan infrastruktur penghubung daerah bukan hanya jalan tol atau rel kereta api. Namun juga konektivitas digital.

“Infrastruktur juga meningkatkan konektivitas budaya, gagasan, dan semangat sebagai sebuah bangsa besar,” katanya.

Ia mengatakan, konektivitas fisik dan digital akan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, konektivitas itu menurutnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dalam membangun daerah dan desa.

Di Indonesia, katanya, ada 75 ribu desa, 514 kabupaten/kota, yang tersebar di 34 provinsi. Dan, media sosial menjadi sesuatu yang penting di era digital saat ini. Namun, tak jarang media sosial dimanfaatkan untuk sesuatu yang negatif.

Data menunjukkan, Oktober 2020 Kemenkominfo telah memblokir 1.759 akun penyebar kabar bohong (hoaks) terkait virus corona (Covid-19) di berbagai platform media sosial. Rinciannya 1.300 akun Facebook, 15 akun Instagram, 424 akun Twitter, dan 20 akun Youtube.

Sudah ada 104 orang yang jadi tersangka karena memproduksi dan menyebarluaskan kabar bohong di media sosial. Sebanyak 17 di antaranya sudah ditahan. (*/sib)

Baca juga:  Dinkes Himbau, Warga Waspada Limbah di Blabak Diduga Slag Alumunium

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here