Ini Pesan Menag di Perayaan Hari Natal Bagi Umat Kristiani

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas

JAKARTA – JYBMedia: Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat merayakan Natal kepada umat Kristiani di Indonesia. Ucapan yang disampaikan melalui akun YouTube itu disambut suka cita dan haru oleh publik.

“Selamat Natal 2020. Semoga kebahagiaan Natal menyertai umat Kristiani. Kehidupan damai dalam harmoni kemajemukan Indonesia juga tetap terjaga,” tutur Menag melaui video YouTube Kemenag RI, Rabu 23 Desember 2020.

Rekaman video tersebut dia bagikan melalui akun Twitter @YaqutCQoumas, Kamis (24/12/2020), dan langsung dibanjiri respon warganet. Ratusan tanggapan mengalir, umumnya ungkapan haru, bangga, dan suka cita.

“Makasih mas, aku terharu. Duh damai selalu,” tulis akun @Irenecutemom.

Dalam pidato virtualnya, Yaqut mengimbau agar perayaan Natal 2020 digelar secara sederhana mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang belum berakhir.

“Rayakan Natal dengan penuh kesederhanaan dan terus berbagi kasih pada sesama,” pesan tokoh yang akrab disapa Gus Tutut ini.

Menurut Menag, hal terpenting dari perayaan Natal, kata Menag ialah kesadaran umat Kristiani untuk semakin dekat dengan Sang Maha Kuasa sebagai pemberi hidup.

“Peringatan Natal hakikatnya adalah momentum bagi umat Kristiani untuk meningkatkan kualitas kesadaran, bahwa anugerah keselamatan telah Tuhan berikan bagi umat manusia,” ujar Menag.

Hal itu, kata Gus Tutut, perlu direfleksikan melalui perbuatan-perbuatan kebaikan, kesederhanaan, perhatian terhadap kaum lemah dan cinta kasih bagi sesama.

Peningkatan kualitas itu diharapkan berdampak pada meningkatnya pengabdian, seperti teladan Yesus Kristus yang senantiasa memberi yang terbaik bagi umat manusia, kata Menag.

Kepada para tokoh agama, Menag mengajak untuk menjadi pelopor pemersatu, serta menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan berbagai masalah demi Indonesia yang lebih baik.

Video tersebut ramai respon dari warganet. Mereka bangga dan terharu atas apa yang disampaikan Gus Tutut.

Baca juga:  Seorang Profesor Muda Indonesia, Tercatat Dosen Terbaik di Jerman

“Seperti oase di padang pasir. Menyejukkan dan menghilangkan dahaga kami akan rasa toleransi di negeri ini. Terima kasih pak menteri. Semoga damai Tuhan Yesus senantiasa menyertai bapak sekeluarga,” tulis akun @ErnieVincentia.

“Mendapatkan seorang menteri agama yang tanpa ragu mengucapkan selamat Natal bagi kami yang merayakannya, sungguh sangat sesuatu bagiku. Terima kasih pak menteri,” komentar akun budi8765.

Sedangkan akun @tercelup bertutur, “saya seorang Muslim pun merinding nonton videonya. Alhamdulillah akhirnya punya menteri untuk semua agama.” (*/sib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here