Cara Mudah Atasi Rasa Gatal, Mau ?

Ilustrasi rasa gatal (dok/aliteguh)

JYBMedia: Rasa gatal pada tubuh disebabkan berbagai hal, bisa karena alergi, gigitan serangga, penyakit dan lainnya. Gatal-gatal biasanya menimbulkan bintik-bintik, ruam merah, kulit bentol, atau bahkan kulit kering.

Mengatasi rasa gatal perlu mengetahui dahulu apa penyebabnya agar tak salah penanganan. Dengan menggaruk dapat menyebabkan kulit menjadi rusak dan rasa gatal semakin jadi.

Jika Anda merasa ingin terus menggaruk, maka cobalah salah satu perawatan rumahan berikut ini untuk meredakan kulit yang gatal seperti dilansir dari The Healthy.

1. Oleskan minyak kelapa atau minyak zaitun

Minyak kelapa dan minyak zaitun baik untuk kulit karena dapat menghidrasi, melembapkan, serta mengurasi rasa gatal dikulit. Dengan cukup mengoleskannya ke area kering dan gatal.
“Minyak zaitun dan minyak kelapa sangat bagus untuk hidrasi dan lembut pada kulit,” kata Chris G. Adigun, MD, seorang ahli kulit bersertifikat di Dermatology & Laser Center of Chapel Hill, North Carolina.

2. Minum banyak air

Tak hanya anggota tubuh bagian luar yang perlu dirawat, namun menjaga bagian dalam tubuh juga penting. “Air adalah pemenangnya,” kata Dr. Adigun. “Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi akan membantu kulit Anda tetap terhidrasi,” tambahnya.

3. Soda kue

Mencampurkan soda kue dalam air yang digunakan untuk mandi dapat menenangkan kulit. “Soda kue mengurangi peradangan dengan menetralkan asam di permukaan kulit sehingga menyeimbangkan pH, serta bertindak sebagai antiseptik alami dengan membunuh bakteri di kulit,” kata Mohiba Tareen, MD, seorang dokter kulit di Tareen Dermatology di Roseland, Minnesota.

4. Konsumsi vitamin D

Kulit dapat menjadi lebih gatal di musim dingin. Namun, kadar vitamin D dalam tubuh dapat memengaruhi seberapa gatal kulit Anda.
“Konsultasikan dengan dokter Anda untuk memastikan kadar vitamin D Anda mencukupi,” kata Dr. Tareen. “Saat kadar vitamin D dalam tubuh rendah selama musim dingin, gatal-gatal pada kulit bisa kambuh.”

Baca juga:  Pahami Kolesterol Sedari Dini

5. Makan alpukat atau Salmon

“Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan salmon dapat melindungi kulit dengan minyak sehat dari dalam,” kata Dr. Tareen.

6. Lidah buaya

Tak hanya efektif mengatasi luka bakar, lidah buaya juga bagus untuk mengatasi rasa gatal pada kulit. “Lidah buaya merupakan anti-inflamasi yang baik untuk kulit gatal yang teriritasi,” kata Dr. Adigun.

“Namun, berhati-hatilah menggunakan gel yang mengandung lidah buaya karena dapat menyebabkan iritasi.” (*/okz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here