Gubernur Jabar Tebar Benih Ikan 2,5 Ton

(dok/lenterajabar.com)

BANDUNG — JYBMedia: Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum menebar benih ikan dan menanam pohon di Sektor 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu (13/1/2021).

Benih ikan yang ditebar adalah lele, nila, dan patin sejumlah 2,5 ton. Sementara penanaman pohon dilakukan simbolis dengan menanam enam bibit pohon mangga dan alpukat.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– berujar, Satgas Citarum Harum terus menjalankan 13 program rencana aksi untuk pencegahan, penanggulangan, hingga pemulihan, termasuk salah satunya lewat “Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon” di Jabar.

“Hari ini, Rabu (13/1), kami melaksanakan inspeksi kemajuan Citarum Harum yang target ambang batasnya akhir tahun adalah ‘Tercemar Sedang’ ternyata saat ini ‘Tercemar Ringan’,” kata Emil.

“Semoga bisa menyelesaikan (program) lebih cepat dari (arahan di) Peraturan Presiden yaitu 7 tahun, mungkin dalam 2 tahun lagi bisa jauh lebih baik,” tambahnya.

Penebaran benih ikan dilakukan untuk membuktikan bahwa DAS Citarum khususnya Sektor 6 sudah bisa menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan.

“Karena sekarang sudah Tercemar Ringan, kami ingin membuktikan minimal ikan dulu bisa hidup. Suatu hari bisa melihat ikan berkembang biak dan menjadi habitat ekologi,” tuturnya.

“Setelah target ikan bisa hidup, baru manusia bisa renang. Nah, supaya tidak terjadi longsoran, dilanjutkan menanam pohon. Dari program 50 juta, sudah 20 jutaan yang tertanam di lereng gersang dan tepi sungai,” ucapnya.

Kang Emil menambahkan, gerakan menanam pohon pun tidak hanya dilakukan oleh TNI/Polri, tetapi dilanjutkan oleh gerakan masyarakat, termasuk oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jabar.

Emil pun mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon yang digagas Kodam III/Siliwangi khususnya Sektor 6 Citarum.

Baca juga:  Melalui Program Saba Desa, Jalin Silaturahmi Sesama Kades dan Pemangku Kebijakan

“Sejak tahun pertama sudah membina dan mendisiplikan agar Citarum Harum sukses. Secara umum, saya tidak melihat sampah, relatif bersih, ” ucap Kang Emil.

“Suatu hari konsep Citarum sebagai ekologi ruang sosial bisa dihadirkan. Tahun ini kegiatan utama Citarum masih sama, akan terus dilakukan sampai akhirnya Citarum jernih dan harum,” tegasnya.

Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto sekaligus Wakil Komandan Bidang Penataan Ekosistem I Satgas Citarum Harum mengatakan, saat ini status Sungai Citarum sudah “Tercemar Ringan” dari “Tercemar Berat” pada 2018.

“Oleh karena itu, sosialisasikan ke seluruh warga Jabar. Hari ini kita menebar ikan, ikan sudah bisa hidup di Sungai Citarum.Dulu tidak bertahan hidup lebih dari 3 hari,” kata Pangdam.

Turut mengikuti kegiatan kali ini antara lain Kapolda Jabar Irjen Pol. Ahamd Dofiri, Kajati Jabar Ade Adhyaksa, dan Sekda Kabupaten Bandung Tisna Umaran.

Kemudian Komandan Sektor 6 Citarum Kolonel Arh Didik Suswandi, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, serta Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil. (rie/sib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here