Ini 7 Aroma yang Membuat Bahagia

Ilustrasi ragam aroma (dok/rumah)

JYBMedia: Ternyata banyak hal sederhana yang bisa membuat kita bahagia. Salah satunya dengan mencium aroma tertentu. Bahkan, karena manfaatnya dapat menurunkan tingkat stres, beberapa aroma bisa dijadikan sebagai perawatan alami untuk menjaga kesehatan mental.

Nah, untuk mengetahuinya, mari simak delapan aroma yang membuat kita lebih bahagia, seperti yang dilansir dari The Healthy berikut ini :

1. Pinus

Penelitian menemukan, bahwa aroma yang membawa kegembiraan ini dapat mengurangi stres. Hal tersebut juga dibuktikan pada sebuah studi di Kyoto University, Jepang. Di mana, orang-orang yang suka melakukan terapi forest bathing atau berjalan-jalan di hutan pinus dapat mengurangi depresi dan kecemasannya secara signifikan. Oleh sebab itu, jangan lewatkan cara ini dengan berjalan-jalan di alam sebagai obat untuk otak kita.

2. Jeruk

Aroma buah yang mengandung vitamin C ini telah terbukti meningkatkan energi dan kewaspadaan. Penelitian telah mengungkapkan, bahwa aroma jeruk lemon, khususnya, dapat mengurangi stres dan meninggalkan kesan positif pada orang lain.

Bau jeruk juga cenderung dikaitkan sebagai bau yang bersih dan menyenangkan. Maka, cobalah membersihkan rumah dengan buah-buahan seperti jeruk dan lemon, alih-alih memakai bahan kimia untuk membuat seluruh rumah harum.

3. Tabir surya

Aroma tabir surya biasanya mengingatkan kita pada hari-hari cerah di pantai dan liburan tropis. Efek positif dari aroma ini berakar pada hubungannya dengan waktu liburan bebas stres. Sehingga, aroma tabir surya dapat membuat kita merasa lebih santai dan memberikan perubahan kecil agar kita lebih bahagia.

4. Rerumputan segar

Para peneliti di Australia telah menemukan, bahwa bahan kimia yang dilepaskan oleh rumput yang baru dipotong dapat menyebabkan orang menjadi lebih rileks dan merasa gembira. Mereka bahkan telah memasukkan aromanya ke dalam botol wewangian atau parfum. Bau rerumputan yang segar memang sangat kuat dan dapat mencegah penurunan kesehatan mental seiring bertambahnya usia. Baca juga: Simak, Tipe-tipe Kepribadian Seseorang Berdasarkan Parfum Favoritnya

Baca juga:  Kenapa Usaha Kuliner Menguntungkan?

5. Bunga-bunga

Ada banyak jenis bunga selain mawar yang memiliki aroma menyenangkan seperti lavender dan melati. Lavender bahkan dianggap dapat memberikan efek rileks, yang mampu meredakan insomnia dan depresi. Sementara itu, aroma bunga melati juga telah terbukti meningkatkan suasana hati dan membuat kita jadi lebih bahagia.

6. Rosemary

Dikenal sebagai agen perasa, rosemary telah terbukti memperkuat kekuatan otak. Penelitian telah menemukan, bahwa aroma rosemary meningkatkan kemampuan peserta untuk mengingat peristiwa dan tugas yang kompleks. Selain itu rosemary dapat menjadi alternatif alami untuk mengobati kehilangan ingatan.

7. Peppermint

Aroma peppermint dikenal dengan kemampuannya meningkatkan mood dan merangsang pikiran, serta tubuh. Penelitian bahkan menunjukkan, bahwa atlet yang mencium aroma peppermint dapat meningkatkan performa atletik dan pernapasan yang lebih baik. Tak heran juga, jika sebagian besar wewangian atau permen memiliki aroma peppermint yang ampuh untuk mengusir bau tidak sedap.

8. Bedak bayi

Para ahli mengatakan, bau bedak bayi mengingatkan kita akan keamanan yang kita rasakan sebagai anak-anak. Aroma bedak bayi juga membangkitkan kenangan akan kebahagiaan yang kita rasakan ketika masih kecil. Berapapun usia kita, mencium aroma bedak bayi dapat menjadi sarana untuk membuat kita merasa lebih bahagia.(*/)

sumber : Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here