Hijaukan Bantaran Sungai Citarum, Satgas Citarum Gandeng Mahasiswa

(dok/jurnal7.com)

BANDUNG – JYBMedia: Komandan Sektor 7 Satuan Tugas Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi gandeng mahasiswa, pelajar, Pramuka, Karang Taruna, kelompok senam dan masyarakat menanam pohon di Bantaran Sungai Citarum.

Aksi tanam pohon itu berlangsung di Kampung Ciodeng,Desa Bojong Malaka, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, belum lama ini.

Hari ini, kata Kol Purwadi, Sektor 7 menanam 400 batang pohon buah-buahan yang terdiri atas pohon mangga, jeruk lemon, jengkol, nangka, pinus dan mahoni serta menanam 700 batang vetiver.

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan Sektor 7 Satgas Citarum Harum ini, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional yang mengusung tema Menanam Pohon Menanam Harapan.

Wakil Bupati Bandung Ir. Gun Gun Gunawan, M.Si, mengingatkan, dalam kegiatan apa pun kita tetap agar memperhatikan protokol kesehatan.

“Jangan lupakan tiga M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, cuci tangan dan ikhtiar diobat atau divaksinasi,” katanya, setelah menyimak sambutan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikom, dan Kadis Kehutanan Kabupaten Bandung.

“Hari ini bukan hanya menanam pohon, tetapi kita dituntut tanggung jawab. Setelah ditanam, pohon harus dipelihara, dirawat, disiram dan dipupuk,” terangnya.

Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi menyampaikan, “Kita punya slogan, kita jaga alam, alam akan jaga kita. Kerja ikhlas, kerja cerdas dan bersama kita bisa. Jangan kendor. Tetap semangat.”

Ia melanjutkan, penanaman pohon ini merupakan kerja sama Satgas dengan Unikom, Pramuka, pelajar, Karang Taruna dan kelompok senam ibu-ibu.

“Program ini sudah kita lakukan hampir 3 tahun, kami sudah berkolaborasi dengan beberapa Universitas diantaranya dari Unair Surabaya, UGM, UPI, Univ. Bale Bandung, Unjani, Unpad dan hari ini dengan Unikom, ” jelasnya.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Kab. Bandung Ir. Gun Gun Gunawan, M.Si., Kabid Penataan DAS Dinas Kehutanan Jabar, Camat Baleendah dan Kades Bojong Malaka. (*/)

Baca juga:  Terapkan Imbauan, Mayoritas Akses Pemukiman Warga di Kediri Ditutup Portal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here