Benarkah Jus Acar Jadi Minuman Pereda Mabuk Alkohol ?

Ilustrasi jus Acar (dok/majalahbali)

JYBMedia: Ada beberapa makanan minuman yang dipercaya bisa jadi pereda mabuk alkohol, yakni jus acar. Untuk tahu bagaimana efektivitasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Jus Acar Jadi Minuman Pereda Mabuk Alkohol,

Efek mabuk alkohol memang bikin badan tidak enak. Kondisi mual, sakit kepala, dan lemas jadi hal yang sering dikeluhkan ketika mabuk. Untuk meredakan gejala tersebut, tahukah Anda bahwa jus acar dipercaya dapat mengatasinya?
Acar merupakan sayuran yang difermentasi sehingga memiliki rasa asam dan agak asin.
Ketika dihancurkan dalam blender lalu disaring sarinya, acar disebut-sebut dapat menghilangkan efek mabuk alkohol.

Rasanya yang cukup kuat dan baunya yang menusuk dianggap mampu bikin orang mabuk jadi “terbangun” dan segar kembali! Apakah hal itu benar? Atau sebenarnya itu cuma anggapan saja alias mitos?

Efektivitas Jus Acar dalam Meredakan Mabuk Alkohol

Menanggapi pertanyaan tentang keampuhan jus acara yang menjadi minuman pereda mabuk alkohol, begini penjelasan dr. Valda Garcia.
Menurutnya, cara kerja jus acar untuk menghilang efek-efek setelah mabuk alkohol itu tidak terjadi secara langsung.

“Maksudnya, ketika kita mabuk alkohol, tubuh menjadi dehidrasi dan kekurangan elektrolit. Kenapa sampai menyebabkan dehidrasi? Karena minuman beralkohol itu sifatnya diuretik, jadi dia merangsang peminumnya untuk lebih sering buang air kecil. Nah, jus acar itu sendiri bisa membantu mengembalikan elektrolit yang keluar saat buang air kecil,” jelasnya.

Dokter Valda menambahkan, “Jadi, lebih ke arah mengatasi kurangnya elektrolit setelah banyak minum alkohol. Bukan serta merta langsung menghilangkan gejala mabuk.” Ketika elektrolit tergantikan, gejala mabuk akan mereda dengan sendirinya.

Air garam dari jus acar mengandung mineral penting yang memang berfungsi untuk mengisi kembali elektrolit tubuh. Natrium dan kalium ada di dalam jus acar.Kedua mineral inilah yang biasanya hilang ketika Anda mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih.

Baca juga:  Merias Wajah dengan Terapan Protokol Kesehatan

Secara teori, dengan mengonsumsi minuman yang mengandung dua mineral tersebut, yakni jus acar, kondisi kehilangan mineral bisa tergantikan.
Sayangnya, terdapat sebuah penelitian yang membantah efektivitas jus acar dalam meningkatkan elektrolit.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Athletic Training itu melaporkan, mengonsumsi jus acar tidak menyebabkan perubahan yang signifikan terhadap kadar elektrolit para atlet. Justru, para peneliti mengkhawatirkan efek samping dari jus yang rasanya asam ini.Sedangkan, pada penelitian lain yang sama-sama dipublikasikan dalam jurnal di atas, menyebutkan bahwa jus acar hanya membantu mengurangi efek dehidrasi, tetapi tidak sampai mengganti natrium yang hilang.

Ini Efek Samping Minum Jus Acar!

Untuk orang yang sedari awal punya gangguan di lambung, sebaiknya Anda tidak menjadikan jus acara ini sebagai minuman pereda mabuk alkohol.
Pasalnya, dr. Valda mengatakan, “Orang yang punya riwayat sakit mag tidak disarankan minum minuman ini karena rasanya yang asam dan mampu meningkatkan asam lambung.”

Jus acar sebenarnya juga memiliki kadar natrium yang kelewat tinggi. Dua sendok makan jus acar atau kurang lebih 30 ml mengandung 230 mg natrium!

Kebanyakan natrium di dalam tubuh malah menyebabkan retensi cairan sehingga terjadi pembengkakan dan kembung.
Zat asam asetat dalam pickle juice ini bisa memperburuk masalah pencernaan. Saat mabuk, efek yang paling dirasakan adalah mual.
Setelah minum jus ini, rasa mual akan semakin parah dan bisa ditambah dengan rasa nyeri hingga diare!

Jika Anda ingin tetap mencobanya, pastikan coba sedikit dulu, yaitu 2-3 sendok makan. Akan tetapi, bila ingin lebih aman lagi, lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

Perbanyak minum air putih.
Jangan lupa sarapan, lebih baik sarapan yang berkuah dan tidak terlalu berat.
Konsumsi multivitamin.

Baca juga:  Apakah Kesemutan Jadi Gejala Gagal Ginjal?

Tambahkan waktu tidur Anda. Dengan melakukan empat langkah berikut, rasa lemas dan sakit kepala biasanya akan hilang.Kini, Anda sudah mengetahui bahwa efektivitas jus acar sebagai minuman pereda mabuk alkohol masih diragukan.(OVI/AYU)

sumber: Klikdokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here