Kerahkan Drone Lawan Hama Wereng di Bekasi

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, memanfaatkan teknologi benda terbang ini untuk menyemprot hama wereng.

CIBARUSAH – JYBMedia: Drone bertambah fungsi lagi. Bermula sebagai alat pengambil gambar dari udara atau pengintai menjadi alat perang, hingga difungsikan sebagai alat perang melawan hama wereng.

Adalah Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi memanfaatkan teknologi benda terbang ini untuk menyemprot hama wereng.

Ratusan hektar sawah di Kecamatan Bojongmangu dan Cibarusah yang terserang hama wereng disemprot dengan drone.

Penyemprotan melalui udara dengan menggunakan drone cukup efektif karena dapat menjangkau area pesawahan yang cukup luas.

“Setelah kami menerima laporan adanya hama wereng di Cibarusah dan Bojongmangu, hari berikutnya kami bersama tim Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan langsung melakukan penyemprotan di dua kecamatan itu dengan menggunakan drone,” kata Kepala Bidang Tanaman Pangan Diperta Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari, Selasa (19/1).

Ia menyebut, dengan menggunakan drone, penyemprotan hama yang kalau dikerjakan tenaga manusia memerlukan waktu berhari-hari dapat diselesaikan dalam hitungan jam.

“Selain memakai drone, para petani juga melakukan penyemprotan secara manual agar pembasmian hama lebih maksimal,” ujarnya.

Eem menjelaskan, luas tanaman padi yang diserang hama wereng batang coklat (WBC) di Cibarusah sekitar 241 hektar, sementara di Bojongmangu sebanyak 162 hektar.

Diharapkan, dengan serangan balik oleh ‘belalang canggih’ ini hama wereng coklat mati kutu sehingga tidak meluas ke daerah lain.

“Kita tidak diam, kita terus melakukan upaya bersama para petani untuk membasmi hama wereng ini,” kata Eem.

Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi sejauh ini terus melakukan pemantauan. Dan, laporan terakhir menyebutkan, populasi hama wereng di dua wilayah tersebut mulai menurun.(ags/arl)

Baca juga:  Pola Pendidikan Vokasi, Entaskan Masalah Pengangguran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here