TP PKK Dhamasraya Unggulkan Program Pemberdayaan Ekonomi Janda

Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska (dok)

DHARMASRAYA – JYBMedia: Pemberdayaan ekonomi janda atau kepala keluarga perempuan, akan jadi salah satu program unggulan TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, untuk ke depannya.

Hal ini disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Ny Dewi Sutan Riska, saat membuka acara lomba Kader Dasawisma Berprestasi Tingkat Kabupaten Dharmasraya, di Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya, baru-baru ini.

Program ini, terang Dewi, adalah dengan memberikan bantuan modal usaha produktif, melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Dikatakan Dewi, sebelumnya pemerintah telah menggelontorkan bantuan langsung tunai senilai Rp 2,4 juta perorang, khusus untuk para pelaku usaha kecil, guna meredam dampak pandemi Covid-19 pada sektor ekonomi.

Di Kabupaten Dharmasraya sudah ada sekitar 4.000 pelaku UMKM yang menerima bantuan tersebut, dari sekitar 9.000 yang diusulkan.

“Bantuan ini masih akan berlanjut di tahun 2021. Inilah nanti yang akan kita kerjasamakan dengan pemerintah daerah, agar UP2K juga menjadi sasaran penerima bantuan dimaksud,” ujar Dewi.

Maka dari itu, Dewi meminta para Ketua PKK Nagari untuk mulai melakukan pendataan di wilayahnya, terhadap para janda produktif yang menjadi tulang punggung keluarga.

Juga mendorong mereka untuk membuat usaha kecil kreatif berbasis rumah tangga.

“Dari pemerintah nanti akan mendorong melalui bantuan modal. Apalagi pada periode kedua ini, Bupati Sutan Riska juga mempunyai program untuk membuat rumah digital di setiap kecamatan,” ujarnya.

Ini nanti juga akan dapat membantu pelaku pelaku usaha kecil menengah untuk memasarkan produknya secara online.

“Dengan program ini kita berharap, kesejahteraan janda dapat terangkat,” tandas Dewi. (rjl/sib)

Baca juga:  Jadwal Masuk Sekolah, Pemkab Karanganyar Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here