YBM Monitoring Kelompok Usaha Bersama di Kabupaten Kediri

(ist)

KEDIRI – JYBMedia: Dalam rangka pemberian motivasi dan pengarahan kepada kelompok usaha binaan Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Malang melakukan monitoring Kelompok Usaha Masyarakat di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (20/01/2021)

Disampaikan Hetty Fadhiliana, pendamping progam PKUR dan BUPD, setelah mendapatkan bantuan dari program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) kepada kelompok usaha bersama yang diberikan kepada masyarakat di Wilayah Kecamatan Kandat dan Wates,Kabupaten Kediri, pengurus Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pusat melakukan kunjungan monitoring, serta melihat secara langsung perkembangan dan kendala apa saja yang dialami mitra usaha yang dibina.

” Jenis usaha yang dikelola masyarakat berupa Budidaya Ikan Lele, Usaha kerupuk Gambir, peternak telur ayam, dan Bantuan usaha pekerja dasar (BUPD) milik karyawan Bank BRI. Dimana bantuan ini sudah digulirkan kepada penerima manfaat sejak Bulan Juni tahun 2020 lalu” ujarnya

Wanita yang akrab disapa Hetty menambahkan, respon masyarakat atau penerima manfaat merasa sangat terbantu, baik secara pendampingan dan permodalan, hingga omset usaha yang dikelola bisa meningkat. Selain itu, dari segi nilai spiritual juga diberikan kepada masyarakat agar mampu bertahan dan berkembang secara baik.

” Harapan kami, program serupa akan terus bergulir kepada masyarakat, sehingga dengan adanya program ini, masyarakat secara keseluruhan bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Khususnya, di Kecamatan Kandat dan Wates Kabupaten Kediri” tandasnya.

Sementara dilokasi yang sama Ahmad Daelami, selaku pelaksana tugas Menejer Ekonomi, Yayasan Baitul Maal (YBM), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pusat, menambahkan, pihaknya melakukan monitoring dua kali dalam setahun. Yakni, semester pertama pada bulan Juli dan semester kedua pada bulan februari. Berkenaan hal tersebut, Yayasan Baitul Maal (YBM), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Pusat menugaskan untuk melakukan monitoring di Kecamatan Kandat dan Wates, dibawah naungan Yayasan Baitul Maal (YBM) Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kanwil Malang.

Baca juga:  Kemenhub Didorong Percepat Realisasi Peningkatan APBN 2020

” Secara keseluruhan hasil monitoring dan pendampingan dirasa sudah bagus, dengan dibuktikan usaha yang dikelola oleh masyarakat dalam bentuk usaha bersama, menuai keberhasilan dengan dibuktikan rencana program yang ditentukan, telah diterapkan oleh masing masing kelompok. Dan, hasil usaha yang digeluti mengalami peningkatan, sehingga berdampak kepada hasil usaha mereka” ucapnya.

Menurutnya, meski ditengah pandemi Covid 19, pihaknya juga memberikan dorongan semangat kepada para pelaku usaha, bahwa pandemi pasti akan berlalu.

” Maka jangan mudah putus asa, berikhtiar dan berdoa. Karena tanpa ikhtiar dan doa, usaha yang digeluti tidak ada apa-apanya” pungkasnya.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here