Hujan Deras, Tak Surutkan Ibu PKK Ikuti Pelatihan Pembuatan Kue Kering

MIT DR) XI UIN Walisongo Semarang, melakukan pelatihan pembuatan kue kering di Balai Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

JYBMedia: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) XI UIN Walisongo Semarang, melakukan pelatihan pembuatan kue kering di Balai Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Kegiatan ini berlangsung, baru- baru ini bersama Ibu-ibu PKK setempat, dalam rangka arisan rutin setiap bulan.

Meski suasana hujan deras, antusiasme Ibu-ibu PKK dalam menghadiri dan mengikuti jalannya acara sangat tinggi. Kegiatan, dimulai pukul 14.00 WIB-16.30 WIB, dihadiri sekitar 20 orang.

Pelatihan pembuatan kue kering meliputi 3 macam jenis kue yang dipandu Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang. Dimana, pembuatan kue nastar dipandu Oleh Dina, pembuatan kue Kacang dipandu oleh Dian dan Mustika, serta pembuatan kastengel dipandu oleh Anjis.

Kegiatan yang berlangsung, Rabu (20/01), berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Terlebih lagi, peserta sangat antusias ketika pemandu sedang menjelaskan bahan-bahan dan cara membuatnya. Bahkan, sampai ada yang maju ke depan karena ingin melihat lebih detail, agar memahami cara membuat kue tersebut.

Selanjutnya, pemandu membuat adonan, hingga para peserta dibuat 2 kelompok untuk melakukan praktik pencetakan.

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu usulan dari Ibu lurah yang merupakan Ketua PKK di desa itu. Menurut Bu Kades setempat, pelatihan pembuatan kue kering sangat cocok dilakukan saat arisan rutin, bersama ibu-ibu PKK. Karena, dapat menambah wawasan dan membantu peserta dalam mempersiapkan Lebaran tahun ini.

“Kegiatan pelatihan ini sudah sangat bagus dan sangat menambah wawasan untuk ibu-ibu PKK di sini” ujar Bu Kades.

Harapannya, setelah adanya pelatihan ini peserta dapat membuat kue kering sendiri, sehingga lebih hemat dan lebih sehat. Karena, bahan-bahannya terkontrol. Selain itu, dapat menambah income keluarga apabila kue tersebut dikomersialkan.(*/)

Baca juga:  Melihat Potensi Gusjigang di Museum Jenang Kudus

Penulis : Dina Yuliana
Mahasiswa KKN MIT DR XI UIN Walisongo Semarang

Dina Yuliana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here