Tanaman Hias yang Harganya Bakal Melambung di 2021

Ilustrasi tanaman hias yang harganya melambung di tahun 2021 (dok/cnnindonesia)

JYBmedia – JYBMedia: Sejumlah hobi membuat orang mengeluarkan uang yang cukup banyak, termasuk hobi tanaman hias. Tak henti di 2020, terdapat sejumlah tanaman hias yang harganya bakal selangit di tahun 2021.

Contoh yang masih hangat dibicarakan adalah pertukaran rumah dengan tanaman hias. Bagi sejumlah pegiat dan pecinta tanaman hias, memiliki tanaman hias menimbulkan kebanggaan sendiri.

Di Tahun 2021 ada sejumlah tanaman hias yang diprediksi harganya bakal melejit. Mahalnya harga tanaman hias disebabkan karena kelangkaan, keunikan warna daun, pembiakan, dan lain sebagainya.

Berikut 10 tanaman hias yang harganya selangit pada 2021 ini.

1. Monstera Obliqua

Dalam bahasa Indonesia tanaman ini biasa disebut “Janda Bolong”, salah satu tanaman yang populer di tahun 2020. Keunikan tanaman ini terletak pada lubang yang tersusun rapi mengikuti ruas daun. Pada 2020 lalu harga satu pot Monstera Obliqua rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Harga Monstera Obliqua diprediksi naik pada 2021 karena masih digemari dan dicari banyak orang khususnya kolektor. Namun, kini tanaman tersebut sudah banyak dijual eceran dengan hitungan per daun.

2. Monstera Variegata

Jenis lain dari spesies Monstera ini termasuk yang cukup populer pada 2020. Berbeda dengan obliqua, pada variegata keunikan ada pada corak perpaduan warna putih dan hijau. Pola bolong variegata juga berbeda dengan obliqua serta ukuran daunnya yang lebih lebar.
Warna putih pada Variegata dihasilkan dari mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Semakin dominan warna putih pada daun semakin mahal harga tanaman variegata.
Tahun 2020, selembar daun variegata dengan warna putih yang dominan dijual dengan kisaran harga jutaan rupiah sedangkan untuk 1 pot rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga:  Pentingnya Tanaman Hias di Rumah

3. Aglaonema Suksom

Tanaman hias aglonema mendadak populer pada 2020 karena daunnya yang berbentuk oval besar dengan perpaduan warna merah pada bagian dalam dan warna hijau pada tepian daun. Dalam kondisi dan perawatan ideal, tanaman aglaonema suksom dapat hidup bertahun-tahun.
Beberapa varietas dari aglaonema dijual dengan harga yang cukup mahal seperti aglaonema silver bay, suksom atau red valentine, dan teranyar aglonema sultan brunei.Aglaonema termasuk tanaman hias yang diburu banyak orang karena keunikan warna pada daunnya dan perawatannya pun terbilang mudah.

4. Anthurium Mickey

Anthurium termasuk tanaman dalam rumpun araceae dan digolongkan menjadi dua, yaitu berdaun indah dan berbunga indah. Anthurium mickey masuk dalam kategori tanaman berbunga indah yang cukup populer pada 2020 lalu.
Anthurium Mickey kerap dijadikan tanaman indoor karena lebih cocok dengan tempat yang terlindungi atau ternaungi. Tanaman berbunga indah ini begitu digemari karena ciri khas unik pada bunganya yang berwarna mencolok dengan tongkol menyembul di bagian tengah yang sedikit melengkung sehingga membuatnya terlihat eksotik.Seperti tanaman lidah mertua, tanaman anthurium juga berfungsi sebagai penyaring polutan dalam ruangan, menjadikan udara dalam ruangan menjadi lebih sehat. Harga jual anthurium mickey cukup beragam, semakin rimbun bunga merahnya maka semakin mahal pula harga jualnya. Perawatannya yang perlu perhatian ekstra membuat harga tanaman ini melonjak.

5. Anthurium Veitchii

Jenis lain dari anthurium ini masuk dalam kategori tanaman hias yang harganya bakal selangit. Jenis ini masih berkerabat dekat dengan tanaman hias populer seperti philodendron, keladi hias, dan alokasia.Ciri daunnya lonjong menjuntai serta lebar dengan guratan tulang daun yang cukup menonjol membuat tanaman ini terlihat kekar. Di sejumlah marketplace harga bibit tanaman ini mencapai jutaan rupiah sedangkan untuk ukuran dewasa dijual hingga puluhan juta rupiah.

Baca juga:  Waspada! Perceraian Orang Tua Berdampak Bagi Psikologis Anak

6. Philodendron Minima

Salah satu tanaman hias yang harganya bakal selangit lainnya adalah Philodendron Minima. Jenis ini menjadi viral pada tahun lalu, setelah terjual seharga ratusan juta oleh seorang ahli botani asal Selandia Baru.
Para penyuka tanaman hias dibuat jatuh cinta dengan keunikan bentuk daun yang membelah alami berwarna hijau tua atau hijau muda. Philo Minima termasuk tanaman langka yang diburu oleh kolektor tanaman hias di seluruh dunia.

7. Philodendron Pink Princess

Philo pink princess termasuk tanaman hias langka yang tentu berharga mahal. Warna pada daun jenis philo ini terdiri dari dua warna yaitu hijau gelap dan merah muda atau pink.Munculnya warna pink pada daun disebabkan adanya mutasi genetik (variegata). Tingkat kemahalan ditentukan dari kombinasi warna daun dalam satu pot. Di sejumlah marketplace bibit jenis philo ini dihargai jutaan rupiah sedangkan untuk philo rimbun harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

8. Philodendron Billietiae

Jenis philodendron ini viral akibat aksi barter rumah dengan tanaman hias. Mahalnya philo kerap dikaitkan dengan jenis dan warna daun.
Philo jenis ini bisa dikatakan sultan karena harganya yang mahal. Bibitnya saja dihargai jutaan rupiah sementara philo billietiae dewasa yang rimbun dijual seharga puluhan juta.
Philo billietiae milik Hidmat Syamsudin warga Garut yang menukar rumahnya membeli philo tersebut seharga Rp65 juta, sementara harga tertinggi pada marketplace mencapai Rp 90 juta.

9. King Monstera Variegata Thai Constellation

Monster Thai Constellation salah satu tanaman hias yang ditukar rumah oleh Hidmat Syamsudin. Jenis monstera termasuk yang banyak diminati dan diburu penyuka tanaman hias.
Monstera Variegata Thai Constellation memiliki bentuk daun lebar yang membelah secara alami dengan perpaduan warna putih dan hijau. Semakin dewasa dan rimbun maka semakin mahal pula harganya.Banyaknya permintaan, lambatnya pertumbuhan tampaknya hal tersebut yang menjadikan harga monstera dewasa rimbun naik selangit.Bibit monstera di marketplace dihargai jutaan rupiah sementara monstera remaja atau ukuran sedang dihargai belasan juta dan monstera dewasa rimbun mencapai puluhan juta rupiah.

Baca juga:  Ini Ragam Varian Sambal yang Terkenal di Dunia

10. Anggrek Hitam Papua

Namanya pasti tidak asing di telinga pecinta tanaman hias. Tanaman hias super langka ini masuk dalam keluarga tanaman hias orchidaceae.
Yang membedakan dengan jenis anggrek lainnya adalah warna kelopak anggrek yang berwarna hitam legam dengan putik berwarna merah muda cerah membuat siapapun yang melihatnya setuju anggrek hitam papua eksotis dan memukau.
Penyebab anggrek ini menjadi mahal karena tingkat kelangkaan di alam dan pembudidaya tanaman hias. Karenanya banyak orang berlomba-lomba mencari bibit anggrek hitam demi menjadikan peluang usaha yang cuan. Harga anggrek ini disebut-sebut bisa mencapai Rp 100 juta.

Demikian tanaman hias yang harganya bakal selangit. Namun, masih banyak alternatif tanaman hias lain yang harganya lebih terjangkau jika Anda ingin mulai menyalurkan hobi koleksi tanaman hias. (*/)

sumber: CNNindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here