Waspada! Gunung Raung Tunjukkan Aktifitas

Ilustrasi Gunung Raung (dok/cnbnindonesia)

BANYUWANGI – JYBMedia: Gunung Raung di Jawa Timur menunjukkan aktifitas meningkat. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung ini dari level I ke level II, waspada!

Sebagaimana disiarkan publikasi PVMBG melalui situs vsi.esdm.go.id, Jumat (22/1/2021).Gunung yang berada di wilayah kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember ini menunjukkan adanya gejala kenaikan aktifitas vulkanik.

Karena itu, tingkat aktifitas Gunung Raung dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada), terhitung tanggal 21 Januari 2021, pukul 13:00 WIB.

Pemantauan secara intensif akan terus dilakukan oleh PVMBG Pusat untuk antisipasi adanya kenaikan kegiatan yang lebih signifikan.

Kenaikan status Gunung Raung ini merupakan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan adanya gejala peningkatan aktivitas.

Atas dasar pengamatan instrumental, telah terjadi gempa yang didominasi gempa embusan dan gempa-gempa tektonik selama periode 1-19 Januari 2021.

Sedang dari pemantauan visual, Gunung Raung terlihat tertutup kabut embusan gas dari kawah puncak, yang terekam dua kali pada 1 Januari dan 20 Januari 2021.

Gunung Raung adalah salah satu gunung api aktif tipe strato dengan tinggi puncaknya 3332 m di atas permukaan laut.

Aktifitas terkini Gunung Raung terjadi di kawah puncak. Sejarah erupsinya pernah menghasilkan aliran piroklastik, jatuhan piroklastik dan aliran lava andestik sampai basaltik.

Pada saat tidak terjadi erupsi, aktivitas berupa hembusan gas di dasar kawah.

Pada Juli hingga Oktober 2020 terjadi rangkaian erupsi, menghasilkan material batuan berukuran abu yang sebarannya terbatas di sekitar kawah puncak.

Tingkat aktivitas G. Raung adalah Normal (Level I) sejak 27 November 2020.

Dari pengamatan mutakhir, potensi ancaman bahaya berupa sebaran material dari hembusan abu 21 Januari 2021 masih berada di sekitar kawah/puncak G. Raung, yang merupakan Kawasan Rawan Bencana III.

Baca juga:  Relakan Gaji Satu Periode, Kades Mojodelik Wujudkan Wisata 'Puthuk Kreweng’

Namun, sebaran abu dapat terbawa ke daerah yang lebih jauh tergantung arah dan kecepatan angin.

Atas situasi ini pihak PVMBG menyampaikan, pada tingkat aktivitas Level II (waspada) direkomdasikan agar masyarakat pengunjung, wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 2 Km dari kawah.

Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Pihak yang dimaksud adalah Pos Pengamatan Gunung Api Raung di Kampung Mangaran, Desa Sumber Aru, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan/atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (*/sib)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here