Jajanan Ndeso yang Tak Tergerus Zaman

Ilustrasi jajanan 'ndeso' (dok/nyipenengah)

JYBMedia: Berbicara jajanan di era modern sekarang ini, memang sudah banyak sekali kuliner yang dibalut dengan berbagai hal kekinian. Meski begitu, kue jadul yang terkesan ‘ndeso’ masih memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya, lho.

Terutama, jajanan tradisional warna warni yang eye catching dan bikin mata jadi ‘terhibur.’ Ada banyak sekali jenis jajanan tradisional warna-warni yang bisa dibeli dan dicoba, lho. Apa saja? Penasaran? Berikut rangkuman tim jybmedia.com, tentang Jajanan ‘ ndeso’ yang tak tergerus zaman.

1) Kue Lapis

Kue lapis merupakan jajanan warna warni yang memang bikin mata jadi terhibur. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti halnya tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam, dan juga pewarna makanan. Kue ini dikukus dan paling sedikit terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis. Jajanan tradisional ini bisa ditemui di pasar-pasar atau mall.

2) Geplak

Selanjutnya ada jajanan tardisional geplak yang merupakan kuliner khas Bantul. Makanan ini terbuat dari parutan kelapa, gula pasir ataupun gula jawa. Geplak ini berasal dari Jogja dan kerap kali dijadikan sebagai oleh-oleh. Pilihan warnannya beragam, ada putih, hijau, cokelat, merah, dan juga kuning.

3) Klepon

Klepon atau kelepon ini merupakan makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan ataupun ubi. Bahan utamanya dibentuk seperti bola-bola kecil lalu di dalamnya diisi dengan gula merah. Klepon yang telah dimasak akan digelindingkan ke parutan kelapa. Rasanya perpaduan antara gurih dan manis, kombinasi antara parutan kelapa dan gula.

4) Getuk Lindri

Getuk lindri merupakan kuliner yang bahan baku utamanya adalah singkong yang dimasak kemudian dilembutkan. Ditambah dengan gula pasir diberi pewarna lalu dicetak kecil-kecil memanjang serupa dengan mie. Lalu setelah dibentuk akan diberi parutan kelapa. Rasanya enak dan mengenyangkan.

Baca juga:  Pemeran Mak Lampir Meninggal Dunia

5) Cenil

Cenil juga merupakan makanan tradisional yang terbuat dari pati ketela pohon. Jajanan ini enak dicampur dengan yang lainnya. Kue ini juga nikmat dimakan sendiri. Cenil dibentuk kotak-kotak atau memanjang lalu disajikan dengan parutan kelapa dan ditaburi dengan gula.

6) Putu Mayang

Selanjutnya ada putu mayang yang hadir dengan warna-warni cantik. Putu mayang merupakan kue tradisonal yang terbuat dari tepung kanji ataupun tepung beras, lalu dibentuk seperti mie. Setelah jadi, putu mayang akan disajikan dengan santan kelapa ataupun dengan kinca yakni gula jawa cair.

Nah, itulah ragam Jajanan ‘Ndeso’ yang masih terjaga hingga saat ini. Bahkan, jajanan ini selalu ada dan tak pernah tergerus oleh Zaman walau jajanan modern bertubi-tubi muncul di Khalayak, dengan berbagai varian dan kemasan.(*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here