Ragam Minuman Pelancar BAB yang Ampuh Atasi Sembelit

Ilustrasi sembelit (dok/hypegrid)

JYBMedia: Di saat sembelit melanda, cobalah minuman pelancar BAB seperti air putih hingga teh jahe. Sulit buang air besar (BAB) atau sembelit dapat terjadi jika Anda tidak mengonsumsi cukup serat, kurang cairan, jarang olahraga, hingga sedang stres. Selain dengan obat-obatan dari dokter, ternyata ada beragam minuman pelancar BAB yang bisa dicoba di rumah.

Tertarik mencobanya?

Ada sebagian orang lebih berisiko mengalami susah BAB, di antaranya ibu hamil, anak-anak, hingga mereka yang sudah lanjut usia (65 tahun ke atas). Untuk mencegah sembelit, cobalah berbagai minuman pelancar BAB di bawah ini.

1. Air putih

Salah satu minuman pelancar BAB yang utama adalah air putih. Minuman sehari-hari ini dapat mencegah dehidrasi sehingga sembelit bisa dicegah. Cobalah untuk meminum lebih banyak air saat Anda sedang susah BAB untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

2. Air perasan lemon

Vitamin C milik lemon bisa menarik air ke dalam usus dan melancarkan BAB
Lemon mengandung vitamin C, yaitu antioksidan yang mampu menarik air ke dalam usus. Dengan begitu, feses bisa menjadi lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Jika Anda tidak kuat dengan rasa asam lemon, Anda bisa mencampur air perasan lemon dengan air putih.

3. Teh dandelion

Teh dandelion dianggap ampuh dalam menangani masalah pencernaan ringan, seperti perut kembung maupun sembelit. Dandelion dapat merangsang organ hati untuk memproduksi cairan empedu yang secara tidak langsung bisa melancarkan BAB.Selain itu, teh dandelion juga bersifat diuretik dan bisa meningkatkan kadar air di dalam sistem pencernaan dan feses.

4. Teh akar licorice

Teh yang terbuat dari akar licorice merupakan obat alami populer untuk masalah pencernaan karena mengandung antiradang yang bisa membantu pencernaan. Setelah makan, cobalah seruput teh akar licorice untuk menenangkan sistem pencernaan dan melancarkan BAB.

Baca juga:  Si Kecil Raspberry dengan Segudang Manfaat

5. Teh chamomile

Minum teh chamomile setelah makan dipercaya dapat menenangkan otot-otot di bagian usus dan melancarkan BAB. Selain aromanya harum, teh ini pun bisa menyehatkan sistem pencernaan.

6. Teh peppermint

Tahukah Anda kalau ada banyak obat gangguan pencernaan yang mengandung peppermint? Tanaman ini mengandung menthol yang bisa menenangkan sakit perut saat sedang sembelit. Cobalah minum teh peppermint setelah makan agar sembelit dan sakit perut dapat diatasi.

7. Teh jahe

Teh jahe dinilai ampuh atasi iritasi sistem pencernaan, sehingga BAB pun lancar

Jika sembelit yang Anda rasakan terjadi akibat gangguan pencernaan, jahe dapat menjadi solusi rumahan yang tepat karena dipercaya mampu mengatasi iritasi pada sistem pencernaan.Bahkan, mengonsumsi teh jahe setelah makan sebanyak 1-2 cangkir dalam sehari dapat membantu tubuh memproses makanan sehingga BAB menjadi lancar.

8. Jus apel

Kandungan pektin yang dimiliki jus apel dipercaya ampuh atasi susah BAB. Pektin merupakan serat yang larut dalam air dan bisa memperlancar BAB. Ditambah lagi, apel juga mengandung serat tinggi yang bisa menyehatkan sistem pencernaan.Namu, apel juga mengandung fruktosa yang tinggi. Mengonsumsinya berlebihan justru bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada sistem pencernaan, terutama pada mereka yang memiliki usus sensitif.

9. Jus prune

Jus yang terbuat dari buah plum kering ini dipercaya sebagai minuman pelancar BAB karena kandungan serat dan sorbitolnya.Kandungan sorbitol dinilai ampuh melunakkan feses sehingga bisa lebih mudah dikeluarkan. Menurut , buah prune diklaim sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi sembelit bersifat ringan hingga sedang.

10. Jus pir

Masih ingat dengan kandungan sorbitol yang dimiliki jus prune? Ternyata, membuktikan bahwa jus pir mengandung sorbitol empat kali lipat lebih banyak dibandingkan jus prune. Sorbitol dibutuhkan tubuh saat sembelit karena bisa melunakkan feses.

Baca juga:  Resiko Ngemil Cokelat Sebelum Tidur

Cara mencegah sembelit yang mudah dilakukan
Selain mencoba minuman pelancar BAB di atas, Anda juga bisa melakukan sejumlah cara mencegah sembelit ini.

Konsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi, seperti sayur, buah, hingga biji-bijian
Kurangi mengonsumsi makanan yang rendah serat, seperti makanan yang diproses, produk susu, dan daging

Minum lebih banyak air
Cobalah untuk selalu aktif bergerak dan berolahraga
Hindari stres
Jangan menahan-nahan BAB
Buatlah rutinitas BAB yang lebih teratur, misalnya setelah makan.

Catatan :

Walaupun berbagai minuman pelancar BAB di atas memiliki kandungan yang baik untuk melancarkan BAB, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mencobanya. Selain itu, jangan pernah memberikan minuman pelancar BAB di atas untuk anak-anak. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang malah bisa merugikan kesehatan. (*/)

sumber: Sehatq.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here