Kopi Unggulan Indonesia Mendunia

Ilustrasi kopi (dok/ottencoffe)

KYIV, UKRAINA – JYBMedia: Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia untuk diekspor. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kyiv, Ukraina, menyelenggarakan “The Indonesian Coffee Cultural Promotion” secara daring dengan para produser kopi Indonesia, baru-baru ini.

Undangan dan pihak Ukraina yang hadir di acara antara lain anggota Parlemen Ukraina (Verkhovna Rada) Vadim Halaichuk; Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Lviv, Andrii Ionov; Wakil Kantor Konhor Kharkiv.

Hadir pula mantan Wakil Menteri Kepemudaan dan Olahraga Ukraina, yang juga konsultan bisnis, Mykola Movchan; serta para undangan yang berasal dari kalangan pelaku bisnis maupun penikmat kopi di Ukraina.

Dalam sesi coffee tasting, para undangan mendapat kesempatan mencicipi ragam kopi Indonesia yang antara lain berasal dari daerah Flores, Gayo-Aceh, Jawa (Java Preanger), Sumatra Barat, Maluku, Bengkulu hingga Banten.

Melalui video conference, para produser selanjutnya mempromosikan ragam produk kopi Indonesia, antara lain menjelaskan, mengenai kekhasan produk kopi Arabica dan Robusta yang dihasilkan masing-masing daerah dan sejarah industri kopinya.

Secara umum, para peserta mengakui kopi Indonesia memiliki rasa yang khas dan berpeluang besar memasuki pasar kopi di Ukraina.

Namun, perusahaan-perusahaan kopi asal Indonesia harus bergerak lebih aktif membuka pasar di Ukraina, termasuk mencermati permintaan jenis kopi dan kualitas kopi yang diinginkan pasar Ukraina.

Mykola Movchan, seorang konsultan bisnis yang hadir secara khusus menawarkan diri menjembatani para pelaku bisni kopi usaha asal Indonesia.

Ia dapat membantu komunikasi bisnis dengan trader ataupun importir kopi Ukraina, termasuk memberikan masukan dalam pembuatan proposal bisnis yang baik.

Pihaknya juga dapat membantu dalam hal menyediakan informasi regulasi ekspor produk kopi ke Ukraina yang berlaku. (*/cr2)

Baca juga:  Kenali Kucing Mencurahkan Kasih Sayang

sumber: kemlu.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here