Berikan Edukasi Menaman Pohon di MI Tarbiyatul Mutadi’in

Kegiatan penanaman pohon oleh Mahasiswa KKN MIT UIN Walisongo Semarang dengan Siswi MI Tarbiyatul Mubtadi’in

JEPARA – JYBMedia: Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram ( KKN MIT ) dari Rumah angkatan ke 11 kelompok 06 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, melaksanakan kegiatan penanaman pohon, bertempat di MI Tarbiyatul Mubtadiin, Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada siswa sekolah tersebut. Selain untuk menjalankan proker dari mahasiswa KKN, kegiatan ini dilaksankan dalam rangka menghijaukan halaman sekolahan MI Tarbiyatul Mubtadiin.

Pohon yang ditanam diantaranya,durian, alpokat, asem, cemara, pete, matoa, trembesai, sengon, akasia. Tujuanya, untuk mencegah terjadinya banjir juga tanah longsor. Karena ketika hujan turun, air pasti akan masuk ke dalam tanah. Dalam hal ini, akar pohon akan menyerap air tersebut.

Selama kegiatan berlangsung, para siswa khususnya kelas 6 sangat antusias mengikuti kegiatan penanaman pohon. Selain siswa, para guru juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Setiap 5 orang siswa didampingi oleh seorang guru dan mahasiswa KKN untuk menanaman 1 buah pohon.

Diakhir kegiatan, Sita, salah seorang siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut menuturkan, jika penanaman pohon ini saat bermanfaat bagi dirinya. Karena, selain mengetahui cara menanam pohon yang benar, juga mengandung pesan, bahwa manusia hendaknya merawat serta menjaga lingkungan sekitar agar tetap hijau dan asri.

“Senang bisa mengikuti acara penanaman pohon yang diselenggarakan oleh kakak-kakak KKN. Saya jadi tahu cara menanam pohon dengan benar. Penanaman pohon ini juga mengandung pesan, bahma kita harus selalu menjaga lingkungan disekitar kita agar tetap hijau dan asri.” kata Sita.(*/)

Penulis dan Pengirim : Syarifatun Nisa (Mahasiswi kelompok 6 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang.
Acara dan kegiatan Senin, 01 Februari 2021).

Bagi anda yang ingin berpartisipasi di kolom pembaca jybmedia.com atau jyb netizen, Anda bisa mengirimkan melalui WA di 081335017333 atau di email : redaksi.jybmedia@gmail.com

Baca juga:  Ngaji Bencana Ala LPBI NU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here