KKN UIN Walisongo Inisiasi Pelatihan Membuat Pupuk Organik Cair

Kegiatan pelatihan pupuk Organik

JEPARA – JYBMedia: Meningkatnya kebutuhan pupuk dimasyarakat yang tidak diimbangi dengan ketersediaan di masyarakat menyebabkan sering terjadinya kelangkahan. Hal itulah yang melatar belakangi Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) Dari Rumah Angkatan Ke -11 kelompok 06 Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo, Semarang, memberikan sosialisasi pelatihan cara membuat pupuk organik cair (POC) dari limbah rumah tangga di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara .

Pupuk organik cair (POC) sendiri, merupakan salah satu jenis pupuk organik yang diolah dengan bantuan teknologi fermentasi menggunakan EM4.
Kegiatan tersebut melibatkan ibu-ibu GAPOKTAN ( Gabungan kelompok tani) sebagai sasaran peserta.

Materi yang disosialisasikan seputar alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat pupuk organik cair dari limbah rumah tangga, manfaat, serta cara pembuatan pupuk organik cair (POC) yang di sampikan oleh Muhammad Nur Izam Nafi’an mahasiswa kelompok 06 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi petani, selain menghasilkan pupuk organik yang mudah dibuat, kita dapat memanfaatkan limbah organik dari rumah tangga untuk suatu produk yang bisa dimanfaatkan”. ujar Mustika Wulandari Mahasiswi Kelompok 06 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang yang menghadiri kegiatan tersebut.

Adapun bahan dan alat yang digunakan untuk membuat POC dari limbah rumah tangga seperti air cucian beras, kulit buah, sisa sayur, EM4, gula merah atau tetes tebu dan ember. Kemudian, dicampur semua dan ditutup rapat untuk difermentasikan. POC difermentasi minimal selama 2 minggu. Setelah difermentasi kemudian dilakukan penyaringan untuk mengambil cairan pupuk organik yang siap diaplikasikan.

POC ini dapat diaplikasikan kesemua jenis tanaman. Selain sebagai pupuk, POC juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tunas, meningkatkan imunitas tanaman dan meminimalisir penggunaan pupuk anorganik.

Baca juga:  Pengguna Jalan, Hindari Simpang 3 Ngadiluwih

“Dengan adanya pelatihan pembuatan pupuk organik cair (POC) ini dapat memberikan edukasi kepada warga khususnya kelompok tani. Bahwa pupuk bisa kita buat sendiri dengan memanfaatkan limbah dapur yang mudah untuk kita dapatkan. Karena bahan tersebut ada di sekeliling kita. Pelatihan tersebut juga sebagai ajakan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia yang justru akan meninggalkan residu. Harapannya dengan adanya pelatihan pembuatan POC, warga dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan hasil pertanian mereka” kata Farika Rizki Yuliani, Mahasiswi Kelompok 06 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang yang menghadiri kegiatan tersebut.

Diharapkan, dengan adanya sosialisasi pembuatan pupuk ini dapat membantu kebutuhan pupuk. Selain itu, sebagai upaya agar mulai beralih dari pertanian anorganik menjadi pertanian organik yang ramah lingkungan.(*/)

Nama : Muhammad Nur Izam Nafi’an, Mahasiswa kelompok 06 KKN MIT DR UIN Walisongo Semarang.
Alamat : Jlegong, Keling Jepara
Dikirim : Jumat, 12 Februari 2021

Bagi anda yang ingin berpartisipasi di kolom pembaca jybmedia.com atau jyb netizen, Anda bisa mengirimkan melalui WA di 081335017333 atau di email : redaksi.jybmedia@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here