Melihat Aneka Ragam Cagar Budaya di Pekanbaru

( ist)

PEKANBARU – JYBMedia: Di Kota Pekanbaru saat ini ada berbagai cagar budaya, diantaranya Rumah Singgah Tuan Kadi di Jalan Perdagangan, Kecamatan Senapelan, Masjid Raya, Monumen Kereta Api, kuburan Marhum Pekan, Tugu Titik Nol.

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru tetap melakukan perawatan terhadap cagar budaya agar tetap terjaga.

“Tahun 2020 kami sudah mengadakan perawatan. Sudah ada perawatan dari Bidang Kebudayaan. Seperti di Rumah Singgah Tuan Kadi itu ada atapnya yang diganti,” ujar Kepala Disbudpar Kota Pekanbaru, Nurfaisal, baru-baru ini.

Namun demikian, Nurfaisal mengakui, dalam merawat cagar budaya, pihaknya masih kekurangan anggaran.

“Cuman kemarin itu anggaran kami kecil sekali. Tidak ingat saya (besaran anggaran perawatan),” kata Nurfaisal, sebagaimana dilansir pekanbaru.go.id.

Selain perawatan, Disbudpar juga menempatkan petugas dibeberapa lokasi cagar budaya, ini dilakukan agar objek yang akan dikunjungi wisatawan tersebut tetap terawat dengan baik.

Objek wisata yang dimaksud itu hanya Monumen Kereta Api, ada juru peliharanya dua orang. Kemudian Masjid Raya, ada juga juru peliharanya. Rumah Singgah Tuan Kadi, dua orang juru peliharanya.

“Lalu Bandar Kayangan, dua juru peliharanya, ditambah lagi tukang bersih-bersih, lebih kurang ada sekitar enam orang kalau tidak salah. Itukan luas, lebih kurang 14 hektar,” ungkap Nurfaisal.

Nurfaisal melanjutkan, tugas dari juru pelihara objek wisata selain merawat dan membersihkan, juga memberikan penjelasan kepada wisatawan yang berkunjung terkait asal usul objek wisata tersebut.(*/cr1/sib)

Baca juga:  Lagu Sing Tak Sayang, Ini Chord dan Liriknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here