Inilah Manfaat Buah Kawista untuk Kesehatan

Ilustrasi buah Kawista (dok/inibaru)

JYBMedia: Banyak orang yang masih asing dengan buah kawista. Padahal, ada banyak manfaat buah kawista yang sayang untuk dilewatkan. Buah yang tinggi khasiat ini bahkan sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal India.
Buah kawista (Aegle marmelos) banyak ditemukan di Pakistan, India, dan sebagian besar negara Asia Tenggara. Buah ini berukuran seperti buah jeruk dengan kulit yang keras berwarna kuning keabu-abuan, daging berwarna oranye muda atau cokelat karamel, dan aroma yang harum seperti pisang.

Buah kawista yang sudah matang dinilai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya buah kawista dinikmati secara langsung atau dicampur dengan gula aren, dibuat menjadi jus, diiris dan dikeringkan untuk dijadikan teh herbal, serta diolah menjadi selai.

Kandungan Nutrisi Buah Kawista

Manfaat buah kawista untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisinya yang melimpah. Dalam 100 gram buah kawista terkandung:
0,2–0,4 gram lemak
28–32 gram karbohidrat
1,8–2,6 gram protein
3 gram serat
22,5 gram vitamin C
85 miligram kalsium
50 miligram fosfor
600 miligram kalium
Buah kawista juga mengandung vitamin B, magnesium, zinc, tembaga, dan zat besi. Tak hanya itu, buah kawista juga diketahui memiliki senyawa bioaktif, seperti beta karoten, fenolat, alkaloid, flavonoid, terpenoid, dan antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan melawan berbagai penyakit.

Beragam Manfaat Buah Kawista

Dengan kandungan berbagai nutrisi dan senyawa aktifnya, buah kawista menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat buah kawista yang bisa diperoleh :

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah kawista diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan senyawa aktif dalam ekstrak buah ini terbukti dapat memberikan efek perlindungan terhadap infeksi bakteri berbahaya di saluran pencernaan, terutama bakteri Shigella dysenteriae penyebab diare, demam, dan sakit perut. Selain itu, kandungan serat yang cukup tinggi pada buah kawista mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik di usus dan melancarkan kerja usus dalam mencerna makanan, sehingga mengurangi risiko terjadinya berbagai masalah pencernaan, misalnya sembelit.

Baca juga:  Konsumsi Daun Pepaya Sehat, Tapi Pahit? Ini Solusinya!

2. Menangkal radikal bebas

Teh herbal dari buah kawista kering diketahui kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas atau stres oksidatif.
Rutin mengonsumsi teh herbal dari buah kawista dinilai bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Dengan begitu, teh ini juga dapat mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kronis yang disebabkan oleh stres oksidatif.

3. Menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa teh herbal buah kawista dapat menurunkan kadar gula darah. Meski hasilnya belum signifikan, teh herbal ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda konsumsi sebagai upaya menjaga kesehatan, terutama jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

4. Menurunkan tekanan darah

Buah kawista juga dinilai berpotensi untuk menurunkan tekanan darah. Ekstrak buah ini diketahui bisa meningkatkan pembuangan cairan tubuh yang berlebih melalui buang air kecil.
Cara kerja ini sama dengan cara kerja salah satu jenis obat penurun tekanan darah diuretik yang umum dipakai. Jadi, buah kawista mungkin bisa menjadi pilihan buah yang baik untuk penderita hipertensi.

5. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat buah kawista selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena buah kawista mengandung banyak vitamin C, yaitu vitamin yang dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit. Selain itu, antioksidan dalam buah ini juga dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Perlindungan ini dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari, penuaan dini, melasma, dan kanker kulit.

6. Menurunkan demam

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah kawista memiliki potensi untuk meredakan demam dan peradangan. Meski khasiat yang sama belum ditemukan pada konsumsi buah kawista secara langsung, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini sebagai sumber nutrisi dan antioksidan ketika demam.

Baca juga:  Perlukah Ajak Anak Berjemur ?

Manfaat buah kawista memang belum banyak dikenal dan efeknya sebagai obat herbal masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, yang pasti adalah buah ini mengandung banyak nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya menyertakan buah ini dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Bila Anda ingin mengambil manfaat buah kawista untuk mengobati penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya terhadap kondisi yang Anda alami, serta interaksinya dengan obat-obatan yang sedang Anda konsumsi.(*/)

sumber: alodokter.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here