Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme dengan 4 Pilar Kebangsaan

Sosialisasi empat pilar kebangsaan cegah paham radikalisme dan terorisme kepada ratusan masyarakat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

BLITAR – JYBMedia: Anggota MPR/ DPR RI dari Fraksi NasDem Nurhadi S.Pd, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan cegah paham radikalisme dan terorisme kepada ratusan masyarakat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Kegiatan yang bertempat di tiga Desa, yakni Sumbersari, Karanggondang, dan Ringinanom Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, dihadiri sejumlah ratusan peserta dilaksanakan secara protokol kesehatan dengan cara mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau handzinitizer, dan menjaga jarak guna mencegah penyebaran virus corona

Nurhadi S.Pd, menjelaskan, pentingnya penanaman nilai-nilai empat pilar kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat di Indonesia umumnya dan Kabupaten Blitar, karena beberapa pekan lalu sempat terjadi aksi pengeboman di salah satu gereja di Makasar dan penembakan terduga teroris di Mabes polri.

” Dari kejadian ini,membuka keprihatinan kita bersama. Selain menimbulkan korban jiwa, aksi yang direncanakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, mencerminkan rasa toleransi antar umat beragama yang masih kurang di negeri yang majemuk, seperti indonesia. Sehingga, perlu dan sangat penting pemahaman empat pilar kebangsaan diberikan kepada masyarakat, khususnya generasi penerus bangsa” ujarnya

Politisi yang berpenampilan khas mengenakan ikat kepala, juga menambahkan, minimnya wawasan kebangsaan menjadi penyebab serta yang lebih mengkhawatirkan justru paham-paham lain di luar konsep berbangsa dan bernegara masuk dengan mudah. Terutama, paham-paham yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, seperti paham radikalisme dan terorisme.

” Dimana, adanya gejala orang yang fanatik terhadap golongannya sendiri baik yang mengatasnamakan suku, agama, ras dan antar golongan. Situasi ini, semakin diperparah dengan kemudahan teknologi informasi seperti sekarang ini, mudah untuk menyebarkan paham radikalisme dan terorisme. Untuk itu, memahami PBNU yang telah diajarkan para pendiri bangsa Indonesia menjadi hal penting dalam bernegara” ucapnya.

Baca juga:  Fraksi Nasdem Usulkan Dapur Umum Tiap Desa, Antisipasi Kelaparan Ditengah Pandemi Covid-19

“PBNU yang dimaksud adalah empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945, disingkat menjadi PBNU” imbuhnya.

Terakhir, mempertahankan NKRI tetap utuh dan satu merupakan tanggung jawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia.Tentunya, mari kita tingkatkan kewaspadaan dari segala gerak gerik mencurigakan yang terjadi di daerah masing masing.

” Khususnya, memonitoring bagi pendatang atau tetangga baru yang statusnya mencurigakan dan bahkan membahayakan” pungkasnya.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here