Melihat Tradisi Desa Tawangrejo Sambut Ramadan

(dok/RadarBangsa.co.id)

LAMONGAN – JYBMedia: Kegiatan kerja bakti bersih – bersih dusun dan desa adalah kegiatan rutin sebagai tradisi yang dilakukan warga pada setiap menyambut bulan Ramadan khususnya, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Pandemi belum selesai jadi tetap memetuhi aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat dan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan 5 M (Menjaga Jarak, Memakai masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi mobilitas).

Masbukhin Kepala Desa Tawangrejo memimpin langsung warganya, dengan sasaran kerja bakti membersihkan semak, rumput dan sampah di sepanjang jalan PUPR tepatnya batas desa Sukorejo – Tawangrejo dan selanjutnya menuju ke area makam Mbah Krapyak.

” Peserta kerja bakti juga menyisir lokasi didalam dusun menuju arah kantor Balai Desa Tawangrejo, kemudian masuk ke makam utara (Lor),” kata Masbukhin, meneruskan penyampaian Ketua RW III / Kauman, Mustakim, Minggu (11/04).

Untuk itu, atas nama Pemerintah Desa Tawangrejo, pihaknya mengucapkan terima kasih banyak kepada masyarakat atas peran sertanya dalam kerja bakti dan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Lebih lanjut, atas partisisipasi serta dukungan Tiga Pilar kecamatan Turi juga kami ucapkan terima kasih banyak, yang ikut serta dalam kegiatan bersih – bersih desa ini.

“Hal ini sebagai bentuk sinergitas dalam membangun silaturahmi antara Forkopimcam, Babinkantibmas Polsek Turi, Babinsa Koramil 0812/03 Turi, Pemdes Tawangrejo dan masyarakat,” pungkas Kepala Desa Tawangrejo.

Pada kesempatan ini AKP. Suwarta Kapolsek Turi mengungkapkan, dalam kegiatan ini, pihaknya menerjunkan langsung Babinkantibmas Bripka Budi Santoso, bersama polsek jajaran dalam mendukung kegiatan bersih – bersih desa yang digelar oleh Pemdes Tawangrejo dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Harapanya, kebersamaan dengan seluruh elemen masyarakat peduli akan kebersihan lingkungan harus tetap dijaga, disamping itu kegiatan positif ini yang bertujuan untuk membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong harus tetap dipertahankan.

Baca juga:  Alat Musik Sederhana dari Bahan Bekas

” Ini sebagai bentuk rasa hormat dan tanggung jawab moral dalam menghargai jasa para leluhur yang memperjuangkan desa ini dan telah meninggal dunia,” terang AKP Suwarta yang pernah mejabat Kasubag Humas Polres Lamongan ini.

Sementara Kapten Arh Parman Komandan Koramil 0812/03 Turi menyampaikan, jajaran anggota Babinsa Tawangrejo, Serda Priyo Susanto, juga diterjunkan untuk berpartisipasi pada kegiatan bersih – bersih desa yang diselenggarakan oleh Pemdes Tawangrejo dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Tujuanya, TNI menjadi bagian dari masyarakat dan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam hubungan bermasyarakat berbgsa dan bernegara, kali ini melakukan karya bakti (Karbak) bersih desa dalam rangka menyambut bulan suci Ramaddan.

” Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat bersama Tiga Pilar akan lebih peduli tentang pentingnya gotong-royong dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga tradisi kearifan lokal” harap Parman.(*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here