Digelar Sederhana, HUT ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan

( ist)

HULU SUNGAI SELATAN – JYBMedia: Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan tahun 2021, dengan upacara yang digelar secara khidmat dan sederhana di Halaman Setda HSS.
Saat acara berlangsung, menerapkan protokol kesehatan yang aman dari Covid-19 dalam prosesi upacara yang berlangsung.

“Marilah kita bersama menjadikan peringatan ini sebagai momentum untuk mengenang jasa pejuang bangsa serta menjadikannya sebagai panutan untuk mengisi pembangunan dimasa sekarang,” ajak Bupati HSS Drs. H. Achmad Fikry, M.AP dalam amanatnya selaku Pembina Upacara, Senin (17/05).

Seperti diketahui, peristiwa Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan pada tanggal 17 Mei 1949, merupakan peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah banua serta mempunyai pengaruh sejarah nasional indonesia. Peristwa itu, merupakan sebuah wujud nasionalisme orang banua yang dipimpin oleh Brigjen H. Hasan Basry yang memiliki dua tujuan utama, yakni merdeka dan tetap dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Tentunya semangat juang ini harus tetap kita jaga bersama dalam masa sekarang ini sebagai wujud dukungan dalam bagian dari indonesia, maka kita rakyat Hulu Sungai Selatan harus tetap teguh menjaga keutuhan negara. Kita, harus berjuang bersama mengatasi persoalan sekarang yakni pandemi covid-19,” pesan Bupati, seperti dihimpun tim liputan Sehati FM grup jybmedia.com

Bupati berharap, dengan mengenang jasa pejuang dapat menjadi motivasi bersama sehingga tercipta sinergi yang kuat dalam penanggulangan pandemi covid-19 di Kabupaten HSS. Hal ini, selaras dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV pertahanan Kalimantan, yakni “Faktorisasi Nilai Juang Tentara ALRI Divisi IV Sebagai Sumber Semangat Untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 Di Banua”.

Baca juga:  Melihat Potensi Geowisata di Perbukitan Menoreh Kulonprogo

“Saya percaya dengan kebersamaan dan tekad yang kuat, maka tantangan pandemi yang kita hadapi dapat kita lewati bersama, penerapan protokol kesehatan harus terus didukung dan diterapkan bersama, meskipun terkadang bagi sebagian orang protokol kesehatan dirasa menyulitkan dan membatasi. Akan tetapi, kita dapat bercermin pada pejuang dulu di tengah segala kesulitan mereka tetap penuh semangat untuk berjuang bagi bangsa dan negara, inilah hendaknya dapat kita ambil contoh dalam rangka memutus penyebaran covid 19,” tutup Bupati.

Turut hadir mengikuti Upacara, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, SAP, MA. Forkopimda HSS, Sekretaris Daerah Kab. HSS Drs. H. Muhammad Noor M.AP, Kepala OPD, dan peserta apel, Esselon III.(*/)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here