Gaya Hidup Bebas Gula, Mengontrol Berat Badan Penderita Diabetes

Ilustrasi gaya hidup

JYBMedia: Untuk penderita diabetes, mengontrol berat badan itu penting. Pasalnya, mengontrol berat badan juga sekaligus mengontrol kadar gula darah. Namun, mengontrol berat badan itu bukan hal yang mudah.

Salah satu penyebabnya adalah resistensi insulin, yaitu kondisi di mana tubuh tidak bisa mengolah insulin yang diproduksinya. Kondisi ini menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh dan akhirnya berat badan naik.

Selain itu, banyak obat diabetes yang efek sampingnya meningkatkan berat badan. Namun, Diabestfriends tidak perlu khawatir. Berikut tips gaya hidup bebas gula untuk mengontrol berat badan penderita diabetes!

Gaya Hidup Bebas Gula untuk Mengontrol Berat Badan Penderita Diabetes

Mungkin sulit untuk sama sekali tidak mengonsumsi gula. Diabestfriends juga sebenarnya boleh mengonsumsi gula, namun tidak berlebihan. Namun, pada beberapa kasus, gaya hidup bebas gula direkomendasikan, khususnya jika Diabestfriends mengalami kelebihan berat badan dan sulit untuk menurunkannya.

Dengan menjalani gaya hidup bebas gula, Diabestfriends bisa lebih percaya diri dalam mengontrol kadar gula darah. Hal ini juga baik dampaknya untuk jangka panjang.

Berikut tips gaya hidup bebas gula untuk mengontrol berat badan penderita diabetes:

1. Hanya Makan Masakan Sendiri

Kebanyakan makanan memiliki kandungan gula tersembunyi. Mengonsumsi makanan cepat saji di restoran juga tidak aman jika ingin menjalani gaya hidup bebas gula. Maka itu, batasi makan di luar rumah. Sebisa mungkin hanya pergi ke restoran jika ada acara spesial.

Diaebstfriends sebaiknya melakukan perencanaan makanan setiap hari. Hindari memasak resep makanan yang mengharuskan adanya tambahan gula ke dalamnya. Diabestfriends tetap boleh makan di luar rumah, misalnya jika ada aktivitas di hari liburan atau waktu senggang. Namun, batasi konsumsi makanannya dan bijaklah memilih menu makanan.

Baca juga:  Cara Sehat Jalani Aktivitas Malam Hari

2. Baca Label Makanan

Hampir semua produk yang dijual di pasar swalayan mengandung gula olahan. Sebagai rekomendasi, hindari makanan yang memiliki kandungan sirup jagung tinggi fruktosa. Hindari juga makanan yang mengandung jenis gula lainnya.

Kalau Diabestfriends membiasakan membaca label di kemasan makanan, pasti Diabestfriends akan sadar bahwa kebanyakan makanan memiliki kandungan gula olahan tinggi, termasuk beberapa jenis roti.

3. Hindari Camilan Manis

Hindari mengonsumsi camilan manis seperti permen. Memang sulit menahan diri dari mengonsumsi makanan-makanan manis. Apalagi, makanan manis cenderung menyebabkan ketagihan, jadi sekali makan akan sulit berhenti.
Namun, kalau Diabestfriends sudah terbiasa menghindari konsumsi kue manis dan cokelat susu, maka ke depannya Diabestfriends akan lebih mudah mengontrol diri.

4. Minta Dukungan Orang Terdekat

Diabestfriends bisa mengajak dukungan orang terdekat untuk bisa menjalani gaya hidup bebas gula. Misalnya, Diabestfriends bisa mengajak pasangan untuk hidup lebih sehat dan membiasakan diri tidak mengonsumsi gula berlebihan.

Dengan begitu, Diabestfriends akan lebih mudah dalam menjalani gaya hidup bebas gula. Hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan keluarga sebagai langkah preventif untuk mencegah diabetes tipe 2.

Karena setiap penderita diabetes memiliki kondisi yang berbeda-beda, penting bagi Diabestfriends untuk konsultasi dengan dokter jika ingin melakukan perubahan gaya hidup. Maka itu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya, jika berencana untuk menjalani gaya hidup bebas gula. (UH)

sumber: Guesehat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here