Mata Tegang Kerap Main Gadget? Ini Penyebab dan Solusinya

Ilustrasi bermain Gadget

JYBMedia: Menghabiskan banyak waktu di depan gadget bisa menyebabkan mata tegang

Pernahkah Anda mengalami mata tegang saat terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget? Kondisi ini biasanya ditandai dengan mata yang terasa lelah, kering, dan penglihatan yang mulai buram. Lebih jauh lagi, mata tegang akibat gadget juga dapat menyebabkan rasa sakit dan kaku pada leher, kepala, dan pundak.

Penyebab mata tegang akibat bermain gadget
Kondisi mata tegang akibat gadget disebabkan oleh mata yang lebih cepat kering saat beraktivitas dengan menggunakan gadget. Dalam kondisi normal, seseorang akan berkedip 15-20 kali dalam satu menit. Hal ini dapat membantu air mata tersebar pada permukaan mata dan menjaganya tetap terlumasi.Akan tetapi, frekuensi mengedipkan mata dapat berkurang ketika Anda membaca atau menggunakan gadget.

Kondisi ini menyebabkan mata menjadi lebih mudah kering sehingga memicu mata tegang.

Selain itu, ada beberapa hal yang membuat otot mata tegang saat Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar gadget.
Tidak mengistirahatkan mata dalam waktu lama
Menggunakan gadget di tempat dengan cahaya redup
Terpapar cahaya silau dari layar gadget
Memiliki gangguan mata, seperti mata kering, minus, atau lainnya
Kelelahan dan stres
Terpaan angin kering, seperti AC, kipas angin, atau pemanas ruangan.

Cara mengatasi mata tegang

Mata tegang umumnya merupakan kondisi yang tidak berbahaya. Kondisi ini dapat membaik setelah Anda beristirahat atau melakukan beberapa tindakan sederhana. Cara mengatasi mata tegang akibat gadget dapat dilakukan dengan mengubah kebiasaan dan kondisi lingkungan.

Berikut adalah beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan kacamata

Mata tegang bisa diatasi dengan penggunaan kacamata khusus, misalnya kacamata untuk membaca atau menggunakan komputer. Jika Anda juga memiliki kondisi mata khusus, pastikan Anda menggunakan kacamata yang tepat sebelum melihat layar gadget.

Baca juga:  Kiat Sehat Jaga Buah Hati Selama Liburan Sekolah

2. Menggunakan airmata buatan

Air mata buatan dapat membantu mencegah dan meredakan mata kering. Obat tetes mata ini juga dapat digunakan sebagai pencegahan mata tegang akibat gadget, tepatnya dengan menjaganya terlumasi dengan baik.Air mata buatan dijual bebas di apotek, tetapi Anda dapat meminta saran dokter untuk mendapatkan obat tetes mata terbaik bagi kondisi yang Anda alami.

3. Istirahat

Istirahat dapat membantu mata Anda menjadi lebih fokus. Khususnya, jika Anda sering melakukan pekerjaan yang melihat layar gadget dari jarak dekat. Istirahatkan mata tegang dengan sesekali mengalihkan pandangan Anda dari layar ke tempat lain.

4. Membatasi waktu layar

Batasi waktu melihat layar gadget, khususnya pada anak-anak. Sebab, mereka mungkin belum bisa menyadari pentingnya mengistirahatkan mata secara teratur.

5. Menyesuaikan pencahayaan

Pengaturan cahaya dapat membantu Anda dalam mengurangi gejala mata tegang akibat gadget. Perhatikan juga pengaturan kontras dan tingkat kecerahan layar gadget Anda. Selain itu, sebaiknya Anda jangan menggunakan gadget di area dengan cahaya redup.

6. Menjaga kualitas udara

Penggunaan humidifier atau pelembap udara bisa membantu mencegah mata kering yang sering kali menjadi penyebab otot mata tegang.

7. Mengonsumsi suplemen

Produk-produk alami, seperti ekstrak bilberry dan asam lemak omega-3, dapat membantu mengatasi gejala mata tegang yang Anda alami.Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda mempertimbangkan mengonsumsi berbagai suplemen sebagai cara mengatasi mata tegang.Otot mata tegang juga bisa menandakan adanya gangguan mata. Jika itu alasannya, Anda mungkin memerlukan perawatan khusus untuk menangani kondisi mata yang mendasarinya.
Pencegahan mata tegang akibat gadget

Berikut adalah beberapa cara mencegah mata tegang akibat gadget yang bisa Anda lakukan.

Baca juga:  Ragam Manfaat Arang yang Tak Terduga

Pastikan jarak layar komputer Anda sekitar 50-100 cm atau sepanjang lengan, dengan bagian tengah layar sekitar 10-15 derajat di bawah ketinggian mata.
Gunakan filter layar matte untuk mengurangi kesilauan.
Setiap 20 menit, lihatlah objek lain yang minimal berjarak 6 meter setidaknya selama 20 detik.
Istirahatkan mata sekitar 15 menit setiap 2 jam.
Gunakan air mata buatan untuk menyegarkan mata yang kering.
Pasang humidifier di ruangan tempat Anda menggunakan gadget.
Jaga pencahayaan ruangan agar lebih terang dari layar gadget yang Anda gunakan.
Sesekali istirahatkan mata dari penggunaan lensa kontak dan gunakan kacamata.

Cara mengatasi mata tegang juga dapat dibantu dengan menyesuaikan gadget Anda. Meningkatkan kontras pada layar, memperbesar teks, hingga mengubah kecerahan layar juga dapat membantu mencegah mata tegang.Selain itu, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin jika sering bekerja di depan komputer. (*/)

sumber: Sehatq.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here