Mantan Napi Lapas 2A Kediri Geluti Usaha Kerajinan Tangan

( ist)

KEDIRI – JYBMedia: Berbekal ilmu yang diperoleh selama menjadi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas 2A Kota Kediri, seorang pemuda kini sukses mengeluti usaha kerajinan tangan dari koran bekas.

Berlokasi di Dusun Kecik, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Sejumlah tumpukan koran-koran bekas disulap menjadi miniatur sepeda ontel, burung merak, dan kapal pinisi oleh seorang pemuda bernama Yulianto dan menghasil omset mengiurkan.

Menurut, Yulianto, pengrajin usaha, menceritakan, ketrampilan yang dimiliki berkat mengikuti pelatihan semasa menjadi warga binaan Lapas 2a Kediri sekitar 1 tahun 6 bulan, kemudian keluar setelah mendapat remisi tahanan dalam program asimilasi narapidana untuk penanganan covid-19 pada 1 April 2020 tahun lalu.

” Setelah keluar dari lapas, mulai merutinkan belajar di rumah dan akhirnya bisa membuat kerajinan seperti replika burung merak, kapal pinisi, sepeda ontel,replika sepeda motor Harley dan Vespa yang membutuhkan waktu satu minggu untuk sekali pengerjaan. Sebuah karya yang terbuat dari sebuah toko di dekat Desanya, sedangkan harga yang dijual untuk buah tangan yang dibuat paling murah dijual Rp 150 ribu dan paling mahal Rp 300 ribu” ungkapnya

Pria yang akrab disapa Yanto, menambahkan, kemudian hasil kerajinan tangan tidak disangka mendapat respon antusias oleh masyarakat di Kabupaten Kediri, awalnya Kepala Desa keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, dan akhirnya mendapat banyak pesanan dari luar kabupaten Kediri melainkan hingga sampai Mojokerto dan Surabaya.

” Berkat usaha yang digeluti saat ini, tentunya merubah pola kehidupanya yang sempat masuk dalam dunia kriminal,untuk menjadi lebih baik lagi, dan bisa membuat bangga kedua orangtuanya karena dalam keyakinanya selama dia berbuat baik maka rezekinya akan datang mengalir dengan cepat. Terlebih saat ini keberadaanya juga tidak sendiri karena mendapat dukungan penuh dari masyarakat” pungkasnya.(abi/bud)

Baca juga:  Minim Bahan Baku, Penjual Kedelai Rebus Makin Langka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here