Alat Tes Antigen Cepat Covid-19 INDICAID Raih Izin Kemenkes Kamboja

IIustrasi Alat Tes Antigen Cepat Covid-19 INDICAID®

Phnom Penh – JYBMedia: Kementerian Kesehatan Kamboja telah memberikan izin pemasaran untuk Alat Tes Antigen Cepat Covid-19 INDICAID®. Hal ini menjadi bagian dari penanganan kasus Covid-19 di Kamboja yang akhir-akhir ini telah melonjak.

Tes antigen cepat seperti INDICAID® telah banyak dipakai pemerintah Kamboja dalam pemeriksaan penyakit di ibu kota Phnom Penh dan wilayah sekitarnya. Tes ini memiliki keunggulan sebab hasil pemeriksaan cepat diperoleh. Selain itu, tes antigen mempermudah pihak pemerintah untuk segera menemukan pasien Covid-19 dan menghambat penyebaran penyakit tersebut. Alat-alat tes ini juga membantu upaya pemerintah mengisolasi pasien. Dengan alat tes antigen, wilayah ibu kota bisa dibagi-bagi menjadi zona merah, oranye, dan kuning berdasarkan jumlah kasus dan risiko penyebaran penyakit. Untuk itu, INDICAID® tersedia di Phnom Penh dan bisa dibeli secara eceran.

“Berkat akurasi, kemudahan penggunaan, dan keterjangkauannya, kami optimis bahwa INDICAID® akan berperan besar dalam pemeriksaan Covid-19 yang dilakukan pemerintah Kamboja,” kata Ricky Chiu, Pendiri dan CEO PHASE Scientific, produsen resmi alat tes INDICAID®.

“Kami mengapresiasi keputusan pemerintah Kamboja. Kami juga ingin menghadirkan alat tes cepat ini ke negara-negara tetangga.”

Menurut Chiu, INDICAID® telah digunakan di berbagai negara dalam penanganan Covid-19. Di Hong Kong, lokasi kantor pusat PHASE Scientific, INDICAID® telah mendapat dukungan pemerintah setempat setelah ditetapkan sebagai produk rujukan bagi rumah sakit dan perawatan penyakit di rumah. INDICAID® juga menjadi merek terlaris dalam kategorinya dan sukses terjual lebih dari dua juta unit. INDICAID® pun banyak dipakai di berbagai rumah sakit, perusahaan milik pemerintah, perusahaan swasta, gerai swalayan, hotel, dan sekolah dalam pemeriksaan rutin, baik di dalam dan luar negeri.

Baca juga:  Ini Negara yang Dianggap Aman dari Pandemi Corona

Alat Tes Antigen Cepat Covid-19 INDICAID® memiliki sertifikat CE atas lateral flow immunoassay, dan didesain sebagai pendeteksi kualitatif untuk antigen SARS-CoV-2 dengan memakai sampel nasal. Berkat mutu produk yang andal dan kemudahan penggunaan, INDICAID® mampu memproses hasil pemeriksaan secara cepat dalam 20 menit, tanpa memerlukan peralatan atau fasilitas khusus. Akurasi INDICAID® telah teruji secara klinis dan dibandingkan dengan metode PCR untuk memeriksa lebih dari 9.200 sampel. Dari pengujian tersebut, INDICAID® terbukti memiliki sensitivitas dan spesifisitas tinggi.

INDICAID® telah tersedia di 33 negara dan sedang mengajukan Izin Penggunaan Darurat (EUA) kepada Badan POM Amerika Serikat (FDA). (*/cr3)

sumber: antaranews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here