Taklukan Slovakia, Timnas Spanyol Melaju di 16 Besar Euro

Ilustrasi Timnas Spanyol Vs Slovakia di laga pemungkas Grup E di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol

SEVILLA – JYBMedia: Tim nasional Spanyol melangkah menuju babak 16 besar Euro 2020 seusai mencukur Slovakia 5-0 dalam rangkaian laga pemungkas Grup E di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Kamis dinihari WIB.

Aymeric Laporte, Pablo Sarabia dan Ferran Torres masing-masing mencetak satu gol untuk kemenangan Spanyol yang juga diwarnai dua gol bunuh diri Slovakia, yang dicetak kiper Martin Dubravka serta gelandang bertahan Juraj Kucka.

Berbarengan dengan kemenangan telak Spanyol atas Slovakia, Swedia menang dramatis 3-2 atas Polandia di Saint Petersburg.

Hasil-hasil itu membuat Spanyol hanya menjadi runner-up Grup E karena tertinggal dua poin di belakang Swedia yang mengumpulkan tujuh poin selaku juara grup, demikian catatan laman resmi UEFA dilansir Antara.

Spanyol yang berusaha memutus rentetan hasil imbang main menekan sejak awal dan memperoleh hadiah tendangan penalti dari wasit Bjorn Kuipers menyusul insiden yang melibatkan Koke dan Jakub Hromada di dalam kotak penalti Slovakia.

Namun, Alvaro Morata yang menjadi algojo malah mendapati eksekusinya mudah dibaca dan dimentahkan Dubravka, melanjutkan tren buruk Spanyol yang selalu gagal mengkonversi lima kesempatan tendangan penalti beruntun.

Gagal membuka keunggulan lewat penalti, Spanyol tetap menekan dan akhirnya bisa memimpin pada menit ke-30 dihadiahi gol bunuh diri Dubravka.

Sukses memotong umpan buruk Lubomir Satka, Pablo Sarabia melepaskan tembakan berbahaya yang membentur mistar gawang. Bola melambung tapi belum keluar dari lapangan dan saat mendarat Dubravka gagal mengantisipasinya serta tinjuannya membuat si kulit bundar bersarang ke gawangnya sendiri.

Keunggulan membuat Spanyol kian leluasa menguasai jalannya permainan, sedangkan Slovakia begitu kesulitan untuk keluar dari area pertahanannya sendiri.

Spanyol akhirnya sukses menggandakan keunggulan mereka pada menit ketiga injury time babak pertama, melalui gol Laporte memanfaatkan situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi para pemain Slovakia.

Baca juga:  BPS Mencatat, Produksi Beras Alami Lonjakan Tajam

Gerard Moreno memancing Dubravka keluar dari sarangnya, mengirim umpan silang yang disambut sundulan melambung memperdaya Dubravka yang terlambat kembali ke posnya.

Penampilan Spanyol semakin percaya diri selepas turun minum dan mereka memperlebar marjin keunggulan jadi 3-0 saat umpan tarik Jordi Alba bisa disambut sepakan keras Sarabia yang membentur tiang sebelum bersarang ke dalam gawang.

Pada menit ke-66, Morata ditarik keluar digantikan Torres dan lewat sentuhan pertamanya gelandang Manchester City itu langsung menambah keunggulan Spanyol jadi 4-0, lewat sontekan tumitnya menyambut umpan tarik Sarabia.

Keunggulan Spanyol bertambah lagi pada menit ke-71 dan Pau Torres jadi pemain berikutnya yang memberi kontribusi hanya sejenak setelah masuk menggantikan Eric Garcia. Torres menanduk bola liar di dalam kotak penalti Slovakia, yang gagal diantisipasi Dubravka dan berusaha disapu Kucka, tapi berakhir menjadi gol bunuh diri lagi.

Dominasi terus diperlihatkan Spanyol, tapi skor 5-0 bertahan hingga bubaran. Skor itu merupakan marjin kemenangan terbesar yang pernah diraih Spanyol dalam babak utama Euro sepanjang masa.

Selaku runner-up Grup E, Spanyol akan menghadapi Kroasia dalam laga 16 besar di Kopenhagen, Senin (28/6) pekan depan.(ant/dna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here