Viral ! Warung Iwak Pak Pi’i Tersohor di Italia hingga Dikunjungi Youtuber Kondang

Sajian kuliner sambel Ikan wader dihidangkan di atas meja pesanan di Warung Iwak Kali Pak Pi'i.(ist)

KEDIRI – JYBMedia: Siapa sangka, menu kuliner iwak atau ikan wader di Kediri sempat dikirim ke luar negeri atau lebih tepatnya Italia.

Berlokasi di Dusun Ngadiloyo, Desa Ngadiluwih, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, ada sebuah warung Iwak Kali Pak Pi’i, yang menyediakan aneka kuliner berbahan dasar ikan. Untuk menu andalan, ikan wader, merupakan sejenis ikan berbadan kecil yang sangat mudah dijumpai di sungai Brantas. Bahkan, berbekal ketekunan akan olahan ikan wader Pak Pi’i, hingga pernah dikirim ke Italia dan didatangi Youtuber kondang asal Jakarta, Nex Carlos

Sugiyarti, istri pemilik Warung Iwak Kali Pak Pi’i, menjelaskan, awal mulanya merintis usaha kuliner bersama sang suami, Pak Pi’i, tahun 2015 lalu. Kondisinya, tidak seramai sekarang. Kala itu, masih sepi pengunjung. Namun, lambat laun mulai dikenal dan ramai hingga sekarang.

” Tahun 2018 lalu, ada salah satu tetangga saya yang kebetulan bermukim di Italia. Nah, saat berkunjung ke Desanya. Untuk oleh-oleh, tetangga saya mendatangi lokasi tempat warung yang saya kelola. Setelah mencicipi masakan sambel ikan wader goreng olahan saya, merasakan enak, nikmat, dan murah. Tidak berpikir panjang, akhirnya memesan untuk dibawa pulang ke Italia,” ucap Sugiyarti seraya bangga.

Menurutnya, selain pernah dibawa sebagai oleh- oleh ke luar negeri, hal yang paling berkesan selama merintis usaha kuliner, ketika diliput langsung oleh Youtuber kondang asal Jakarta, Nex Carlos.

” Secara tidak langsung, banyak masyarakat baik dari Kediri maupun luar Kediri datang berkunjung ke warung saya, hingga membuat warung makin ramai. Apalagi, warung berlokasi tepat di bibir sungai Brantas Kediri, dengan suasana asri dan alami dibawah pohon Bambu, hingga menambah kesan tersendiri,” ujarnya, saat ditemui tim jybmedia, baru-baru ini.

Baca juga:  Nurhadi Tekankan KPPA Harus Berinovasi

Sugiyarti, menambahkan, meski menu ikan wadernya menjadi menu andalan. Tapi, harganya terbilang murah, yakni Rp 8 ribu, per porsi, meliputi nasi ikan wader goreng. Cara penyajian menu masakan, ikan digoreng hingga renyah. Lalu, ditambahkan sambal tomat serta lalapan daun kemangi, mentimun dan sayur kol.

Selain itu, juga menyediakan menu bothok wader Rp 5 ribu, bothok ikan patin Rp 8 rb, bothok ikan rengkik Rp 12 ribu.

” Kalau tambah nasi putih, cukup tambah Rp 3 ribu. Bagi pengunjung yang mau menikmati, bisa berkunjung, mulai buka pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.00″ harapnya.

Terakhir, Sugiyarti berharap, masyarakat yang berkunjung ke warungnya dan menikmati aneka hidangan, bisa merasakan kepuasan. Karena, warungnya terkenal dengan harga yang murah, meriah dan enak.(abi/bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here