Ini Pentingnya Mengetahui Riwayat Kesehatan Keluarga untuk Deteksi Penyakit

Ilustrasi keluarga

Beberapa penyakit bisa saja diturunkan dari keluarga. Memahami riwayat kesehatan keluarga dapat membantu dokter untu menemukan diagnosis dengan lebih cepat, bahkan mengantisipasinya.

Mengetahui riwayat kesehatan membantu mencegah penyakit keturunan dan mengobati sedini mungkin

Ketika Anda pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan, dokter mungkin akan menanyakan tentang riwayat kesehatan keluarga terdekat, seperti orang tua maupun saudara kandung. Bukan tanpa alasan, menanyakan riwayat penyakit keluarga turut membantu mendiagnosis sakit yang Anda alami.

Pahami lebih jauh tentang riwayat kesehatan keluarga dan penyakit yang mungkin diturunkan dalam keluarga, serta cara mendeteksinya.
Pentingnya memahami riwayat kesehatan keluarga

Memahami riwayat kesehatan keluarga membantu mencegah penyakit genetik
Riwayat kesehatan keluarga adalah catatan informasi kesehatan seseorang dan kerabat dekatnya. Bukan hanya orang tua, riwayat kesehatan keluarga juga mencakup tiga generasi di antaranya:
Anak
Saudara laki-laki dan perempuan
Bibi dan paman
Kakek dan nenek
Keponakan dan sepupu.
Keluarga memiliki genetik yang serupa dan diturunkan antar anggota keluarga. Terlebih, sering kali keluarga juga memiliki lingkungan dan gaya hidup yang serupa. Hal ini dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan yang sama pada tiap anggota keluarga, termasuk Anda. Kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup yang serupa ini dapat menjadi petunjuk bagi dokter untuk menentukan akan kemungkinan diturunkannya penyakit genetik pada suatu individu. Gen yang Anda bawa sejak lahir tidak mungkin dapat diubah. Dengan mengetahui riwayat kesehatan keluarga, Anda dapat memperbaiki lingkungan dan gaya hidup untuk meminimalkan risiko penyakit yang dapat diturunkan dari keluarga.

Riwayat kesehatan keluarga dapat mengidentifikasi peluang seseorang mengalami suatu penyakit.

Berikut ini beberapa penyakit genetik yang mungkin diturunkan dalam keluarga:

Baca juga:  Pola Makan Sehat Saat Akhir Pekan

Penyakit jantung dan pembekuan darah
Tekanan darah tinggi (hipertensi)
Stroke
Kanker
Diabetes tipe 2
Penyakit Alzheimer dan demensia
Radang sendi
Cystic fibrosis
Anemia sel sabit
Thalasemia
Hemofilia
Buta warna
Alergi

Artinya, seseorang akan lebih rentan terkena penyakit tersebut jika memiliki keluarga yang menderita penyakit serupa. Namun, perlu diingat bahwa timbulnya suatu penyakit merupakan kombinasi faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup.Itulah sebabnya, menjaga lingkungan dan gaya hidup yang sehat, serta rutin melakukan cek kesehatan menjadi salah satu upaya mencegah penyakit genetik atau penyakit keturunan. Sebagai contoh, American Diabetes Association menyatakan bahwa orang tua yang menderita diabetes tipe 2 berisiko menurunkan penyakit ini kepada anaknya.

Namun, risiko ini dapat ditekan dengan makan makanan yang sehat, menjaga berat badan ideal, dan olahraga teratur.Saat orang tua disiplin menjaga pola makan dan diet, sang anak pun akan menirunya. Dengan demikian, terciptalah kebiasaan sehat yang mampu mencegah diabetes.
Bagaimana cara mengetahui riwayat kesehatan keluarga?

Menanyakannya langsung pada yang bersangkutan merupakan cara terbaik mendapatkan riwayat kesehatan keluarga

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui riwayat kesehatan keluarga.

1. Bertanya dengan keluarga

Cara paling mudah mengetahui riwayat kesehatan keluarga adalah dengan melakukan pertemuan keluarga dan bertanya langsung kepada mereka. Tentunya, Anda perlu memberitahu maksud dan tujuan terlebih dahulu, serta bersedia saling memberikan informasi kesehatan.Beberapa hal yang bisa Anda diskusikan untuk mendapatkan cukup informasi, antara lain:
Riwayat penyakit yang pernah dialami dan waktu terjadinya penyakit.Jika ada anggota keluarga yang sudah meninggal, tanyakan usia dan penyebab kematiannya. Riwayat keguguran atau cacat lahir.
Alergi yang dimiliki. Etnis anggota keluarga, hal ini biasanya ditanyakan pada anggota keluarga di luar keluarga inti.Kebiasaan dalam keluarga

Baca juga:  Ini Obat Migrain Alami Yg Bisa Dicoba Dirumah

2. Catatan riwayat medis

Riwayat medis merupakan catatan riwayat penyakit dan kondisi kesehatan yang pernah dilalui. Mengumpulkan catatan riwayat medis merupakan salah satu cara mengetahui dan melengkapi riwayat kesehatan keluarga.Selain mengumpulkan catatan riwayat medis yang sudah ada, Anda juga dapat mencatatnya sendiri dari hasil wawancara saat pertemuan keluarga. Anda dapat memberikan catatan ini ke dokter jika diperlukan. Selanjutnya, dokter akan menafsirkan catatan tersebut dan memutuskan tes kesehatan yang relevan dengan kondisi kesehatan Anda.

Catatan

Riwayat kesehatan keluarga penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Selain membantu dokter mendiagnosis penyakit, riwayat ini juga penting untuk mendeteksi dini hingga mencegah kemungkinan penyakit keturunan.Gen Anda mungkin tidak dapat diubah. Namun, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan jika mengetahui sejarah kesehatan Anda dan keluarga.Misalnya saja, dari hasil penelusuran riwayat medis, diketahui bahwa Anda memiliki gen thalasemia, dan kini hendak menikah. Anda bisa melakukan pengecekan kesehatan dengan pasangan (premarital check up) dan berkonsultasi dengan dokter.Dokter mungkin dapat membantu Anda, khususnya dalam program perencanaan kehamilan jika ternyata pasangan Anda juga merupakan gen pembawa. Beberapa upaya, seperti bayi tabung, mungkin saja ditempuh demi mencegah menurunnya gen thalasemia ke anak Anda kelak. (*/).

sumber: Sehatq.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here