Ragam Alasan, Mengapa Anda Sering Terbangun Jam 3 Pagi

Ilustrasi terbangun

Ada banyak faktor yang membuat seseorang selalu bangun jam 3 pagi. Mulai dari siklus tidur yang lebih singkat, stres, hingga kondisi medis lain. Jika terjadi setiap hari tanpa terkecuali, bisa jadi merupakan tanda terjadinya insomnia.

Sering terbangun jam 3 pagi bisa menjadi indikasi stres

Sering terbangun jam 3 pagi atau dini hari di tengah tidur lelap adalah hal yang biasa. Sebagian besar orang bahkan mungkin saja terbangun beberapa kali sepanjang malam namun tidak menyadarinya. Sebab, mereka bisa kembali terlelap dengan cepat.

Ada banyak faktor yang membuat seseorang selalu bangun jam 3 pagi. Mulai dari siklus tidur yang lebih singkat, stres, hingga kondisi medis lain. Jika terjadi setiap hari tanpa terkecuali, bisa jadi merupakan tanda terjadinya insomnia.
Terbangun jam 3 pagi dan siklus tidur
Sepanjang malam saat tidur, manusia akan mengalami siklus tidur yang berulang. Dalam fase ini, sangatlah wajar untuk terbangun beberapa kali di malam hari.

Tahapan itu adalah:
Transisi dari terjaga ke tertidur
Light sleep
Deep sleep
Rapid eye movement
Panjang dari tiap tahapan akan berbeda-beda sepanjang malam. Sebagai contoh, deep sleep bisa berlangsung lebih lama saat baru terlelap.

Sementara fase rapid eye movement semakin intens menjelang pagi hari.Bisa saja, sering terbangun jam 3 pagi terjadi karena siklus tidur seseorang yang memang lebih singkat. Jika kebanyakan orang terjaga saat pukul 5-6 pagi, mereka yang selalu bangun jam 3 pagi punya fase tidur yang sedikit berbeda.

Penyebab selalu bangun jam 3 pagi
Selain berkaitan dengan siklus tidur, ada beberapa faktor lain yang membuat seseorang bisa saja selalu bangun jam 3 pagi.

Berikut ini di antaranya:

1. Stres

Jika Anda kerap terbangun jam 3 pagi setiap harinya, bisa jadi stres merupakan pemicunya. Terlebih jika kebiasaan terbangun ini terjadi tiba-tiba, padahal sebelumnya sama sekali tidak pernah.Mengapa stres? Sebab ketika berada dalam kondisi ini, tubuh akan mengaktifkan gejala saraf simpatik yang membuat seseorang terbangun tengah malam atau dini hari.Di saat yang sama, tekanan darah dan detak jantung juga akan ikut meningkat. Perubahan ini membuat sulit untuk kembali terlelap.Pemicu stres ini bisa jadi hal-hal terkait pekerjaan, hubungan, sekolah, kesehatan, atau kondisi finansial. Apabila terus menerus terjadi, sebaiknya cari pola terapi yang tepat untuk mengurangi stres.

Baca juga:  Ingin Nikmati Kopi Sehat ? Hindari di Tambahan Ini!

2. Insomnia

Selalu bangun jam 3 pagi juga merupakan ciri-ciri gangguan tidur insomnia. Diagnosis dari kondisi ini adalah sulit untuk kembali tertidur setelah terbangun tengah malam setiap harinya. Orang berusia lanjut lebih rentan mengalami hal ini, dengan tingkat kejadian mencapai 40%.

3. Penuaan

Tubuh yang menua juga berperan cukup signifikan terhadap siklus tidur seseorang. Penuaan ini akan membuat fase tidur berubah. Belum lagi kemungkinan lain seperti mengonsumsi obat yang membuat pola tidur terganggu.Secara alami, kualitas tidur orang saat sudah menua memang menurun. Periode saat berada di fase deep sleep berkurang. Itulah mengapa orang berusia lanjut lebih rentan terbangun akibat faktor eksternal seperti cahaya atau suara bising.Selain itu, waktu tidur dan terjaga juga mungkin berubah seiring dengan penuaan. Semuanya bisa bergeser lebih awal sehingga sangat mungkin terbangun jam 3 pagi jika biasanya baru membuka mata jam 6 pagi.

4. Konsumsi obat

Jenis-jenis obat seperti antidepresan, beta blockers, kortikosteroid, dan obat pereda demam yang dijual di pasaran bisa berpengaruh terhadap tidur di malam hari. Tak menutup kemungkinan, orang yang mengonsumsinya bisa sering terbangun jam 3 pagi.Apabila perubahan ini terjadi setelah mulai rutin minum obat, diskusikan bersama dokter untuk mencari alternatifnya. Selain itu, perubahan gaya hidup mungkin juga bisa berdampak positif pada kualitas tidur.

5. Kondisi medis lain

Bisa jadi, penyebab seseorang selalu bangun jam 3 pagi adalah kondisi medis yang dideritanya. Beberapa yang berpotensi menimbulkan kondisi ini adalah:
Sleep apnea
GERD
Arthritis
Restless leg syndrome
Depresi
Neuropati
Pembesaran prostat
Jika ini yang terjadi, penanganan terhadap kondisi medis akan membantu meredakan gejala terbangun di tengah malam. Diskusikan bersama dokter untuk tahu apa penyebab pastinya.

Baca juga:  Terkendala Kesuburan? Bisa Jadi Beluntas Solusinya !

6. Gaya hidup

Mungkin saja, gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda sering terbangun jam 3 pagi. Belum lagi jika sleep hygiene kacau balau yang akan memperburuk kondisi.Beberapa gaya hidup dan kebiasaan yang mungkin menjadi pemicu terjaga saat dini hari adalah:
Makan menjelang waktu tidur
Tidur di tempat yang kurang kondusif
Melihat komputer atau HP menjelang waktu tidur
Mengonsumsi kopi atau alkohol jelang waktu tidur
Merokok
Tidur siang terlalu lama
Kurang bergerak
Mengubah beberapa kebiasaan di atas bisa berdampak signifikan terhadap kualitas hidup.

Catatan

Sebenarnya, tidak ada ramuan spesifik tentang bagaimana agar bisa terlelap dengan nyenyak di malam hari. Namun ingat, obat tidur tanpa resep bukan solusi untuk masalah sering terbangun jam 3 pagi atau tengah malam.Ada strategi yang mungkin efektif Anda terapkan yaitu selalu konsisten tertidur dan terjaga setiap harinya. Selain itu, pastikan tidak ada cahaya saat tidur yang bisa mengganggu nyenyaknya istirahat malam Anda.

sumber: Sehatq.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here