Awasi Prokes, Wakil Rakyat Minta Petugas Kedepankan Humanis

Ilustrasi pengawasan Prokes di sejumlah tempat.

JAKARTA – JYBMedia: Dalam mengawasi protokol kesehatan (Prokes) di warteg, Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi, meminta aparat kepolisian, TNI, dan Satpol PP, agar mengedepankan pendekatan humanis.

Diketahui bersama, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, masyarakat diizinkan untuk makan di warteg, tapi dibatasi waktunya hanya 20 menit.

” Saya mengingatkan, harus dengan pendekatan humanis-persuasif. Jangan menggunakan kekerasan dan represif. Masyarakat akan segan apabila mereka dimanusiakan,” kata Nurhadi dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Politikus Partai Nasdem yang akrab disapa Panglima Nurhadi juga mengimbau, agar pemimpin lembaga penegak hukum tersebut untuk mensosialisasikan aturan saat bertugas di lapangan.

” Sebagai pejabat negara yang membina dan mengayomi masyarakat. Tidak boleh lagi ada tindakan-tindakan keras dan represif kapada rakyatnya sendiri,” ujarnya.

Selain itu, yang perlu jadi catatan adalah pengawasan dan penegakan aturan PPKM ini tidak boleh diskriminatif atau tebang pilih.

“Semua harus diperlakukan sama dan adil serta dilakukan dengan cara-cara humanis, persuasif, dan presisi, serta tidak main gertak dan asal angkut,” kata Nurhadi.

Sekadar diketahui sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyatakan aparat Satpol PP, TNI, hingga Polri akan diterjunkan untuk memantau penerapan aturan makan di warteg atau rumah makan maksimal 20 menit.

Aturan ini dilakukan selama pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4.(*/red)

Baca juga:  Antisipasi Bencana Alam, Polres Jembrana Gelar Apel Kesiapan Sarpras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here